banner ptaa

 

on . Dilihat: 211

Wakil Ketua PA Bontang Tutup Rangkaian Sosialisasi Itsbat Nikah, Pendaftar Pengesahan Perkawinan PA Bontang Membludak

Bontang, Kamis (26/10) Gelaran Sosialisasi Itsbat Nikah (Pengesahan Perkawinan) pada tiga Kecamatan diantaranya Bontang Selatan, Bontang Utara, dan Bontang Barat berhasil diselesaikan pada siang hari yang cerah ini. Adapun masing – masing dari majelis hakim yang bertindak sebagai narasumber telah memaparkan kepentingan, resiko, dasar hukum, dan syarat formil yang harus dipenuhi dalam rangka mengikuti Itsbat Terpadu kali ini.

WhatsApp_Image_2023-10-26_at_4.36.20_PM_4.jpeg

Dengan Batik merah favorit, rangkaian Sosialisasi Itsbat Nikah ditutup oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Bontang Dr. Massadi, S.Ag., M.H. pada Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Barat. Sebagaimana sosialisasi itsbat ditempat sebelumnya, sosialisasi kali ini turut serta dihadiri oleh perwakilan Disdukcapil sebagai pemilik hajat acara, Camat Bontang Barat, KUA Bontang Barat, serta seluruh Ketua RT, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat setempat.

WhatsApp_Image_2023-10-26_at_4.36.20_PM_2.jpeg

Hal menarik yang terjadi setelah dilakukannya Sosialisasi Itsbat Nikah ini adalah Antusiasme Masyarakat Bontang yang berasal dari berbagai kecamatan mendaftarkan perkara pengesahan nikahnya pada Pos Perbantuan Hukum PA Bontang (POSBAKUM). Menurut keterangan dari Rantiani, S.H., sebagai petugas POSBAKUM PA Bontang, setiap harinya terdapat sekurang – kurangnya 11 pasangan yang melakukan pendaftaran pengesahan nikah setelah Sosialisasi Itsbat. Kondisi ini juga mempengaruhi panjangnya antrian pembuatan permohonan pada areal POSBAKUM PA Bontang.

WhatsApp_Image_2023-10-26_at_4.36.20_PM.jpeg

Kepaniteraan PA Bontang menyambut bahagia kondisi ini. Bukan tanpa alasan, akan tetapi dengan digelarnya sosialisasi pada tiap – tiap kecamatan, dibuktikan dengan peningkatan signifikan permohonan Itsbat Nikah, secara tidak langsung telah membuktikan bahwa masyarakat sadar akan pentingnya pengurusan dokumen negara guna kelancaran hak hidup masyarakat kedepan. Meskipun tentu saja hal ini dapat berjalan dengan lancar atas sinergi dari Lembaga Negara lain diantaranya Disdukcapil dan KUA Bontang.

WhatsApp_Image_2023-10-26_at_4.36.20_PM_1.jpeg

Semoga kedepannya Pengadilan Agama Bontang dapat terus memberikan manfaat langsung kepada masyarakat baik berupa pemahaman hukum, perbantuan hukum, maupun persidangan luar gedung, yang secara nyata hadir ditengah – tengah masyarakat memberikan pelayanan prima. (GRE)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48