banner ptaa

 

on . Dilihat: 115

Sosialisasi Itsbat Nikah Terpadu, Ketua PA Bontang : Dosakah jika menikah dibawah tangan?

Bontang, Selasa (24/10) Ketua Pengadilan Agama Bontang Nor Hasanuddin Lc., M.A., turut serta gelar Sosialisasi Itsbat Nikah terpadu pada Gedung BPU Kecamatan Bontang Selatan dengan dihadiri oleh Perwakilan Kepala Disdukcapil, Kepala KUA Bontang Selatan, Camat, serta Aparatur Birokrasi Kecamatan Bontang Selatan.

WhatsApp_Image_2023-10-25_at_6.08.58_AM_1.jpeg

Secara Ceremonial Acara dibuka dengan menyanyikan lagu nasional, dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian sambutan dari Perwakilan Camat Bontang Selatan selaku tuan rumah Muh. Takwin, S.Sos., M.Si., dilanjutkan dengan pemaparan dari Perwakilan Disdukcapil Muh, Thamrin, S.Sos.,Pemilik Hajat Acara dan Ketua PA Bontang selaku Narasumber. Kegiatan ini juga turut serta melibatkan seluruh masyarakan Bontang Selatan yang berkepentingan dengan pengesahan perkawinan.

WhatsApp_Image_2023-10-25_at_6.08.58_AM.jpeg

Dalam kesempatan ini, Ketua PA Bontang memaparkan pentingnya pernikahan secara Legal dengan mematuhi peraturan perundang – undangan yang berlaku dan mencatatkan pernikahan tersebut pada Lembaga – Lembaga yang berwenang dalam rangka melindungi hak – hak legal anak hasil dari pernikahan tersebut. Adapun sebagai prasyarat yang harus dipenuhi dalam rangka mengikuti persidangan itsbat nikah terpadu diantaranya ada syarat subjektif, syarat persidangan, dan syarat administratif yang apabila tidak dipenuhi dapat menghambat jalannya persidangan.

WhatsApp_Image_2023-10-25_at_6.08.57_AM.jpeg

Gelaran acara ini juga turut serta melibatkan respon dari masyarakat yang hadir. Masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya kaitannya dengan syarat itsbat nikah terpadu dan hak hak pencatatan yang akan didapatkan setelah dilaksanakan itsbat terpadu tersebut.

Sinergitas antara Disdukcapil, Pengadilan Agama, dan KUA ini merupakan sebuah bentuk kehadiran negara dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. Adapun komitmen PA Bontang  memberikan pelayanan prima (service excellent) secara nyata adalah dengan cara “menjemput bola” yaitu hadir ditengah - tengah masyarakat memberikan pelayanan hukum sehingga masyarakat secara langsung dalam waktu yang singkat dapat mendapatkan manfaat berupa dokumen pernikahan dan dokumen kependudukan. Meskipun pada fakta dilapangan terdapat beberapa hambatan karena setiap Lembaga Negara yang terlibat memiliki standar dan aturan yang berbeda satu dengan lainnya.

WhatsApp_Image_2023-10-25_at_6.08.58_AM_2.jpeg

Semoga dengan adanya sosialisasi ini membuka mata setiap masyarakat untuk selalu taat pada administrasi birokrasi dan tidak menyalahi hukum postif yang berlaku saat ini, karena akan menghambat hak – hak hidup masyarakat tersebut kedepan. Lebih lanjut Pengadilan Agama Bontang mendungkung dan siap untuk turut serta terlibat dengan Lembaga Negara lainnya yang memerlukan sinergi dalam rangka memberikan manfaat secara nyata kepada nusa dan bangsa. (GRE)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48