banner ptaa

 

on . Dilihat: 141

Dukung Program Kerja Mahkamah Agung RI, PA Bontang Ikuti Webinar Peningkatan Akses Keadilan oleh Mahkamah Agung RI dan FCFCoA Secara Virtual

Bontang, Selasa (18/10) Bertempat di Media Center Pengadilan Agama Bontang, Ketua PA Bontang Nor Hasanuddin, Lc., M.A., Wakil Ketua Dr. Massadi, S.Ag., M.H., dan Hakim Pengadilan Agama Bontang ikuti Webinar yang diselenggarakan melalui kerjasama antara Mahkamah Agung RI dan Federal Circuit and Family Court of Australia (FCFCoA) dengan tema “Capaian Kerjasama MA RI dan FCFCOA dalam Peningkatan Akses Keadilan” secara virtual.

WhatsApp Image 2023 09 26 at 15.21.23

Federal Circuit and Family Court of Australia (FCFCoA) adalah salah satu mitra pembaruan terpenting Mahkamah Agung RI dalam memperkuat akses keadilan khususnya untuk perempuan dan anak. Kerjasama antara Mahkamah Agung dan FCFCOA berlangsung sejak tahun 2004 dipayungi oleh Nota Kesepahaman yang terakhir kali di tandatangani pada Desember 2020.

Sejumlah program dan kegiatan telah terlaksana dalam kerangka kerjasama tersebut, di antaranya adalah pertukaran pengetahuan mengenai penanganan perkara perempuan berhadapan dengan hukum, pencegahan perkawinan anak, penguatan akses bagi penyandang disabilitas, serta penguatan peran dan kepemimpinan Hakim Perempuan. Sebagai bagian dari pelaksanaan kerjasama tersebut, akan dilaksanakan kunjungan kerja delegasi FCFCoA ke Mahkamah Agung RI pada 25-29 September 2023 yang akan dipimpin oleh Hon. Chief Justice William Alstergren.

Menjadi peserta dalam kegiatan webinar ini seluruh Pimpinan dari seluruh Pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding 4 (empat) lingkungan Peradilan seluruh Indonesia.

Membuka kegiatan Webinar ini Ketua MA RI YM Prof Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., yang mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya Kerjasama antara Mahkamah Agung RI dan FCFCoA yang telah berjalan cukup lama.

Dalam sambutannya juga, Ketua MA RI juga berharap kedepan implementasi kerjasama antara Mahkamah Agung RI dan FCFCoA dapat betul-betul memberikan dampak pada peningkatan akses keadilan bagi para pencari keadilan.

Kegiatan Webinar dilanjutkan dengan penyampaian materi presentasi oleh Direktur Jendral Badan Peradilan Umum dan Plt. Direktur Jendral Badan Peradilan Agama serta presentasi dari Hon. Chief Justice William Alstergren yang disampaikan secara bergantian.

Dengan mengikuti Webinar ini diharapkan Pengadilan Agama Bontang mampu meningkatkan kualitas layanan peradilan bagi masyarakat pencari keadilan.(AFSM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48