banner ptaa

 

on . Dilihat: 234

Ajukan Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara,
PA Bontang Berdiskusi dengan KPKNL Bontang

Senin (31/07) Bertempat di ruang tamu Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) kota Bontang, Sekertaris PA Bontang, Yuri Adi Dharma, S.Kom. didampingi Kasubbag. Umum Ana Syuryaningrum, S.H.I. dan petugas pembatu pengelolaan BMN PA Bontang Grace Ramayani Effendi berdiskusi dengan perwakilan KPKNL Bontang, Bagus Widi Wicaksono selaku Kustodian Pengelola Kekayaan Negara Junior.

Diskusi saat ini merupakan usaha PA Bontang untuk mengajukan Penetapan Status Penggunaan (PSP) atas Barang Milik Negara yang sebelumnya telah diterima oleh PA Bontang untuk dicatatatkan status penggunaannya oleh KPKNL Bontang.

Adapun dalam diskusi ini terdapat beberapa pembahasan terkait prosedur PSP BMN yang ingin dicatatkan di KPKNL, pertama diantaranya adalah penyiapan dan penyajian dokumen – dokumen yang harus dipenuhi oleh satuan kerja yang mengajukan PSP BMN. Kedua yaitu, memasukkan item beserta dokumen yang telah disiapkan pada aplikasi SIMAN.

Pembahasan kali ini juga mendiskusikan terkait kendala – kendala yang PA Bontang temui pada saat menyiapkan dokumen perolehan Barang Milik Negara, diantaranya perincian BMN pada Berita Acara Serah terima (BAST) yang kurang mendetil sehingga pada saat pengajuan, dokumen tersebut tidak dapat diterima sebagai dokumen perolehan. Selain dari pada itu kendala lain yaitu hibah yang sifatnya perorangan apakah dapat juga diterima sebagai Barang Milik Negara.

Berdasarkan hasil keterangan dari perwakilan KPKNL, instansi terkait yang memberikan BMN wajib merincikan Berita Acara Serah Terima (BAST). Jika pada prosesnya tidak ada perincian BMN tersebut pada BAST, satuan kerja yang menerima BMN wajib untuk segera meminta tabel perincian BMN pada instansi yang bersangkutan. Terkait dengan hibah, maka perlu disusun Berita Acara Serah Terima (BAST) dimana pihak perseorangan yang menghibahkan barang, wajib membubuhkan tandatangannya pada BAST tersebut.

Diskusi ditutup dengan ucapan terimakasih dari Sekertaris PA Bontang kepada perwakilan KPKNL atas waktu dan informasi yang sangat bermanfaat. Sekertaris PA Bontang juga berpesan kepada Kasubbag Umum Keuangan beserta petugas pembatu pengelola BMN untuk menyerap informasi yang telah didapat selama diskusi bersama KPKNL Bontang sebagai dasar pengajuan penetapan status penggunaan barang milik satuan kerja PA Bontang. (GRE)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48