banner ptaa

 

Ditulis oleh Admin Kesekretariatan 1 on . Dilihat: 72

KEGIATAN RUTIN: APEL PAGI, PEMBINAAN MENTAL DAN MONEV KINERJA MINGGUAN

24062024 Kegiatan Senin 2

Mengawali kegiatan pada pekan ke-3 di bulan Juni ini, Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda konsisten laksanakan kegiatan Apel Pagi, Pembinaan Mental dan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Mingguan pada Senin, 24/06/2024 pagi. Seluruh kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Aparatur PTA Samarinda, baik dari unsur Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsioanl, serta seluruh ASN dan PPNPN. Pada kegiatan Apel Pagi, bertindak selaku Pembina Upacara yaitu Hakim Tinggi PTA Samarinda, YM. Drs. Muhammad Dihyah Wahid, yang juga sekaligus menjadi Narasumber pada kegiatan Pembinaan Mental. 

24062024 Kegiatan Senin 1

24062024 Kegiatan Senin 3

 

Pembinaan Mental yang disampaikan pada hari ini membahas seputar Bersuci, khususnya Bersuci dari Hadats dan Najis. Sebab Bersuci dalam Islam merupakan suatu hal yang pokok sekali, terlebih banyak ibadah yang baru bisa dilaksanakan jika seorang muslim tersebut telah berada dalam keadaan suci. Salah satu tata cara atau adab dalam Bersuci yang menjadi anjuran mayoritas Ulama adalah mengenai buang air kecil. Mayoritas Ulama mengatakan bahwa hukumnya makruh jika kencing dilakukan sambil berdiri. Jika bisa duduk atau jongkok, maka lebih baik kencing sembari duduk atau jongkok. Selain lebih bersih dan aman dari najis, kencing sambil jongkok atau duduk juga lebih menyehatkan. Dengan begitu, air kencing akan keluar lebih sempurna saat buang hajat dengan duduk atau jongkok, sehingga dapat mengurangi risiko dari penyakit. Rasulullah Muhammad SAW pun bahkan pernah mengingatkan para sahabatnya agar menuntaskan dan membersihkan diri dari kencing.

24062024 Kegiatan Senin 4

Beralih dari Pembinaan Mental, agenda dilanjutkan dengan Rapat Monitoring dan Evaluasi Kinerja Mingguan yang dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, YM. Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. Rapat ini membahas mengenai agenda yang telah dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu kegiatan Pembinaan Daerah yang mulai digelar pada awal Juni lalu apakah telah selesai dilaporkan atau bahkan ditindaklanjuti oleh satuan kerja yang menjadi objek pengawasan. Sedangkan agenda yang selanjutnya akan dilaksanakan diantaranya mengenai pemilihan Ketua Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) Cabang PTA Samarinda; pleno risk register PTA Samarinda, juga persiapan Pendampingan Pembangunan Zona Integritas kepada satuan kerja di bawah PTA Samarinda yang diusulkan untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Seluruh kegiatan tersebut diharapkan dapat dipersiapkan sebaik mungkin sehingga dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan rapat pun selesai sekitar pukul 10 pagi. (nsa)

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48