banner ptaa

 

Ditulis oleh Admin Kesekretariatan 1 on . Dilihat: 139

FADILAH MEMBACA BASMALLAH

(PEMBINAAN MENTAL 27 NOVEMBER 2023)

OLEH: DR. DRS. H. MOH. FAISHOL HASANUDDIN, S.H., M.H.

PTA Samarinda - Mengawali pekan ini (27/11/2023), Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda kembali melaksanakan kegiatan rutin, yaitu Pembinaan Mental. Pada kesempatan kali ini, Pembinaan Mental disampaikan oleh Narasumber Hakim Tinggi Dr. Drs. H. Moh. Faishol Hasanuddin, S.H., M.H. Materi yang disampaikan adalah mengenai Fadilah Membaca Basmallah.

27112023 Bintal 1

Fadilah atau keutamaan dari membaca Basmallah umumnya yang banyak diketahui adalah berupa keberkahan, rahmat, serta terhindar dari gangguan iblis dan setan. Meskipun demikian, jangkauan maknanya secara filosopi amatlah luas. Sifat Allah SWT yang ditonjolkan pada bacaan Basmallah adalah sifat Rahman dan Rahim. Rahman dan Rahim berarti kasih sayang. Rahman bermakna kasih sayang Allah kepada semua manusia, baik manusia tersebut telah lalai ataupun musyrik kepada Allah SWT, maupun yang selalu mengingat Allah. Allah SWT akan tetap memberikan kasih sayangnya. Dengan kata lain, Rahman adalah kasih sayang Allah untuk makhluk ciptaanya di dunia. Sedangkan Rahim adalah kasih sayang Allah kepada hamba-Nya ketika sudah berada di akhirat. Demikian keutamaan mambaca Basmallah secara umum yang disampaikan oleh Narasumber.

Selain keutamaan membaca Basmallah secara umum, Dr. H. Moh. Faishol Hasanuddin menyampaikan terdapat setidaknya 6 (enam) fadilah dari membaca Basmallah, yaitu:

  1. Pembatas dengan setan

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Muslim yang berarti: “Apabila seorang hamba membaca kalimat bismillah, niscaya setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.” (HR.Muslim). Untuk itu, umat Islam dianjurkan selalu membaca Basmallah setiap hendak melakukan sesuatu.

2. Membuka pintu rezeki

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib). Jadi mengucapkan kalimat Bismillahirrahmanirrahim akan membuat segala tujuan menjadi lancar dilakukan dan mendapatkan keberkahan di setiap langkahnya.

3. Mencegah musibah

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (HR. Imam Nawawi). Berdasarkan hadist tersebut, Allah SWT telah menjamin seorang Muslim senantiasa akan mendapat perlindungan dari Allah. Bahkan jika membaca Basmallah sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka akan Allah hindarkan orang tersebut dari gangguan setan, dari pencurian, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.

4. Menghapus dosa-dosa kecil

Membaca Basmallah dapat menghapus semua dosa-dosa kecil yang telah dibuat oleh seorang muslim. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW: “Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih). Namun demikian, tidak dibenarkan pula untuk dengan sengaja melakukan dosa dan berpikir dosa tersebut akan dihapuskan dengan cukup mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”.

5. Diselamatkan dari 19 Malaikat Penjaga Neraka

Dalam hadits Rasulullah, dikatakan bahwa: "Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga."

6. Dilimpahkan keberkahan

Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika ayat Bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulian-Nya dan kebesaran-Nya bahwa menyebut nama-Nya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu.” (HR Ibnu Marwah).

27112023 Bintal 2

Demikian materi Pembinaan Mental yang disampaikan oleh Narasumber, Hakim Tinggi Dr. Drs. H. Moh. Faishol Hasanuddin, S.H., M.H. mengenai keutamaan membaca Basmallah. Ada banyak hadits yang ingin Beliau sampaikan. Namun, karena keterbatasan waktu, maka akan dilanjut di kesempatan lainnya. (nsa)


Selengkapnya

Statistik Web

Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Jumlah
871
15482
63062
2121827

11.16%
29.72%
4.60%
0.27%
0.10%
54.15%
Online (2 minutes ago):7
7 guests
no members

 

Flag Counter

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48