banner ptaa

 

Ditulis oleh Admin Kesekretariatan 1 on . Dilihat: 179

STUDI TIRU WBBM OLEH BPK PERWAKILAN KALIMANTAN TIMUR

Suatu kehormatan bagi Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda mendapat kunjungan dari Badan Pemeriksa Keuangan Repbulik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kunjungan yang dilakukan pada Kamis, 22 Juni 2023 ini, merupakan kunjungan yang beragendakan Studi Tiru Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dilakukan BPK Perwakilan Kaltim di Kantor PTA Samarinda.

Seluruh aparatur PTA Samarinda menyambut hangat kedatangan rombongan yang berjumlah 19 orang ini. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Bapak Agus Priyono, S.E., M.Si., Ak., CA, CSFA ini tiba sekitar pukul 09.00 WITA, dan disambut oleh jajaran 4 (empat) pilar PTA Samarinda dan juga seluruh Hakim Tinggi. Selanjutnya, Kepala BPK Perwakilan Kaltim ini beserta Kepala Sub Auditorat Kaltim I, Bapak Bombit Agus Mulyo S.E., M.M., Ak., CA, CSFA, dan Kepala Sub Auditorat Kaltim II, Bapak Mochammad Suharyanto S.E., M.M., Ak., CSCU, CA, ACPA, diarahkan ke ruangan Ketua PTA Samarinda, H. Helminizami, S.H., M.H. Sementara, anggota rombongan lainnya dengan didampingi oleh para Hakim Tinggi diarahkan ke Aula PTA Samarinda. Rombongan yang melaksanakan studi tiru ini merupakan Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBBM BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim, yang terdiri dari koordinator tiap area Pembangunan ZI dan beberapa staf lainnya.

22062023 Studi Tiru BPK Kaltim 4

Ketua PTA Samarinda Menyambut Hangat Kunjungan Rombongan Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Timur di Ruang Kerjanya

Acara studi tiru ini dibuka dengan pembacaan do’a dan juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kemudian, dilanjutkan dengan pemutaran video profil singkat PTA Samarinda. Memasuki acara berikutnya, adalah penyampaian sambutan oleh Ketua PTA Samarinda. Dalam sambutannya, H. Helminizami mengucapkan selamat datang kepada rombongan BPK RI Perwakilan Kaltim di kantor PTA Samarinda. Beliau mengatakan, kegiatan ini bukan sekedar studi tiru WBBM, namun lebih tepatnya dapat disebut sebagai forum sharing knowledge terkait pengalaman juga keilmuan masing-masing instansi, khususnya PTA Samarinda yang kiranya perlu belajar terkait pengelolaan keuangan negara kepada BPK. Lebih lanjut, Ketua PTA Samarinda menyampaikan tugas dan fungsi pokok PTA Samarinda dan Pengadilan Agama sewilayah PTA Samarinda sebagai instansi yang memberikan layanan berperkara kepada lebih dari 25 ribu orang penerima layanan setiap tahunnya, baik para pihak maupun saksi yang hadir ke pengadilan. Disampaikan pula kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh PTA Samarinda, baik saat berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) maupun saat WBBM dalam memberikan layanan yang PRIMA (motto PTA Samarinda, red) kepada masyarakat pencari keadilan.

22062023 Studi Tiru BPK Kaltim 6

H. Helminizami Sampaikan Sambutan pada Studi Tiru Perwakilan BPK RI Provinsi Kaltim

 

22062023 Studi Tiru BPK Kaltim 7

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kaltim, Agus Priyono Sampaikan Sambutan

Selanjutnya, adalah penyampaian sambutan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kaltim, Agus Priyono. Pada sambutannya, Beliau memperkenalkan sekilas mengenai tugas dan fungsi BPK RI yang selama ini mungkin masih banyak masyarakat yang belum memahaminya. Juga fasilitas-fasilitas dan inovasi yang dimiliki oleh kantor BPK RI Perwakilan Kaltim untuk memberikan layanan kepada para stakeholder.

Melangkah pada acara inti dari studi tiru ini, adalah penyampaian kiat-kiat sukses meraih WBK/WBBM PTA Samarinda oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, Ibu Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. dan penyampaian pengalaman teknis dan aplikastif PTA Samarinda dalam meraih WBK dan WBBM oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan PTA Samarinda, Ibu Dessy Mustika, S.H., yang juga tim inti dari Pembangunan ZI PTA Samarinda.

22062023 Studi Tiru BPK Kaltim 3

Dra. Hj. Muhayah Sampaikan Kiat Sukses Raih WBK/WBBM PTA Samarinda

Pada presentasinya, Wakil Ketua PTA Samarinda menyampaikan. terdapat 13 kiat sukses yang dilakukan PTA Samarinda dalam berjuang meraih WBK dan WBBM di tahun 2019 dan 2021 lalu. Kiat-kiat tersebut yang membawa PTA Samarinda sukses meraih WBK dan WBBM, walaupun bukan menjadi acuan baku untuk instansi lainnya. Kiat tersebut diantaranya yaitu, komitmen bersama seluruh aparatur PTA Samarinda dalam pembangunan ZI, meningkatkan kinerja, menciptakan program yang menyentuh langsung kepada masyarakat, rutin memonitoring dan mengevaluasi kinerja dan juga inovasi, serta penyediaan fasilitas layanan yang sebaik mungkin, yang mengakomodir setiap lapisan masyarakat. Rajin berlatih presentasi dan seluas mungkin menguasai materi presentasi, baik koordinator maupun anggota Pembangunan ZI lainnya. Dan kiat sukses yang tak kalah pentingnya adalah berdo’a kepada Allah SWT agar setiap usaha yang dikerjakan membuahkan hasil dan membawa manfaat.

22062023 Studi Tiru BPK Kaltim 1

Teknis dan Aplikatif dari Perjuangan Raih WBK/WBBM PTA Samarinda yang disampaikan Ibu Dessy Mustika

Berlanjut kepada presentasi terkait teknis dan aplikasif dari perjuangan meraih WBK dam WBBM yang disampaikan Ibu Dessy Mustika, yang juga merupakan salah satu Agen Perubahan PTA Samarinda tahun 2023 ini. Dalam presentasinya Ibu Dessy menyampaikan berbagai tahapan dan usaha yang dilakukan PTA Samarinda dalam meraih WBK dan WBBM. Salah satu tahapan yang dikatakannya susah-susah gampang adalah tahapan survei eksternal. Dimana tim survei PTA Samarinda berusaha keras untuk mendapatkan responden yang berkenan memberikan ulasannya secara sukarela terkait layanan PTA Samarinda dan berharap memberikan penilaian yang baik, karena merasa puas atas layanan yang telah diberikan PTA Samarinda. Kemudian, disampaikan pula terkait bagaimana trik-trik PTA Samarinda berlatih presentasi agar dapat menyakinkan tim penilai nasional WBK dan WBBM, bahwa PTA Samarinda layak mendapatkan predikat-predikat tersebut.

Apa yang disampaikan oleh kedua narasumber PTA Samarinda tersebut rupanya sangat menarik bagi tim Pembangunan ZI BPK RI Perwakilan Kaltim yang antusias bertanya mengenai berbagai macam hal terkait usaha meraih predikat WBK/WBBM PTA Samarinda. Sayangnya, waktu yang membatasi sesi tanya jawab ini karena telah memasuki waktu istirahat. Namun, baik PTA Samarinda dan BPK RI Perwakilan Kaltim berjanji untuk saling berkomunikasi untuk melanjutkan sharing pengalaman ini.

22062023 Studi Tiru BPK Kaltim 2

Saling Bertukar Cenderamata, Simbolis untuk Akrabkan Hubungan Kedua Instansi

Di akhir acara, PTA Samarinda dan BPK RI Perwakilan Kaltim saling bertukar cendera mata, sebagai simbolis untuk lebih mengakrabkan hubungan kedua instansi ini. Dan acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh hadirin yang hadir pada acara studi tiru tersebut. (nsa)


Selengkapnya

Statistik Web

Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Jumlah
1235
15846
63426
2122191

11.16%
29.71%
4.60%
0.27%
0.10%
54.16%
Online (2 minutes ago):5
5 guests
no members

 

Flag Counter

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48