banner ptaa

 

Ditulis oleh Admin Kesekretariatan 1 on . Dilihat: 201

NARASUMBER PTA SAMARINDA SAMPAIKAN PERMA 5/2019 DALAM WEBINAR PROBLEMATIKA PERKAWINAN DIBAWAH UMUR

1 24052023 Parade Gender 

Hakim Tinggi PTA Samarinda, Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H. Saat Menjadi Narasumber pada Parade Gender Kaltim 2023

Salah satu komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) adalah memberikan dukungan akan peran masyarakat dan swasta. Untuk itu pada Rabu (24/5) bertempat di Ruang Ruhui Kantor Gubernur Kaltim, digelar webinar bertajuk “Pentingnya Perspektif Gender Dalam Pencegahan Perkawinan Anak di Bawah Umur”.

Webinar sekaligus talkshow yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan bagian dari rangkaian acara “Parade Gender”. Parade tersebut berlangsung sejak pagi hingga siang hari dengan menampilkan beragam kegiatan antara lain : Pembacaan Komitmen Pengarusutamaan Gender di Kalimantan Timur, Sharing Best Practice sector kesehatan, pendidikan, sosial budaya, pertanian, dan lingkungan hidup. Ada juga sesi Penyerahan Award Gender, launching aplikasi “Klik Si Gen”, Strategi Implementasi PUG Kaltim, dan pemutaran video statemen Sekretaris Daerah tentang Pemberdayaan Perempuan, dan jingle Perempuan dalam Pembangunan.

3 24052023 Parade Gender

Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H. Sampaikan Problematika Perkawinan di Bawah Umur 

 

Usai istirahat siang dilanjutkan dengan webinar yang diikuti oleh para peserta perwakilan dari berbagai organisasi kemasyarakatan wanita se Kalimantan Timur. Bertindak sebagai nara sumber dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda dengan tema “Problematika Perkawinan di Bawah Umur”, sedangkan dari akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang mengangkat tema “Perspektif Gender Dalam Keluarga Untuk Pencegahan Perkawinan Dibawah Umur. Adapun nara sumber dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Provinsi Kalimantan Timur membawakan tema “Resiko Pernikahan Dibawah Umur Bagi Tumbuh Kembang Bayi dan Ayah Ibu Dalam Peran Sosial”.

4 24052023 Parade Gender

Berfoto Bersama dengan Narasumber dan Peserta Seminar pada Parade Gender Kaltim 2023

PTA Samarinda yang diwakili oleh Hakim Tinggi Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, SH, MH mengangkat “Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin”. Dalam presentasinya, nara sumber menyampaikan beberapa poin substansi antara lain aspek filosofis, sosioyuridis, yuridis, dan sosiologis diterbitkannya Perma tersebut. Juga tentang asas-asas perlindungan anak yaitu kepentingan terbaik bagi anak, hak hidup dan tumbuh kembang anak, penghargaan atas pendapat anak, penghargaan atas harkat dan martabat manusia, non-diskriminasi, kesetaraan gender, persamaan di depan hukum, keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum.

Nara sumber juga menyampaikan tentang kewajiban hakim pemeriksa permohonan dispensasi kawin untuk mendengarkan keterangan anak tanpa kehadiran orang tua, menyarankan agar anak didampingi pendamping, meminta rekomendasi dari psikolog atau dokter/bidan, pekerja sosial profesional, tenaga kesejahteraan sosial, Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Komisi Perlindungan Anak Indonesia/ Daerah (KPAI/ KPAID).

Webinar dimoderatori oleh Etha, host dari RRI Samarinda ini, mendapat respon yang antusias dari para peserta, baik yang hadir langsung, maupun yang hadir secara virtual.

Mengakhiri uraiannya, nara sumber Abdul Ghofur menggarisbawahi bahwa problematika perkawinan di bawah umur menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu harus dilakukan langkah-langkah sinergitas, seperti pentingnya mengadakan MoU antara pihak pengadilan dengan stake holder, baik dari lembaga pemerintahan maupun kemasyarakatan dalam upaya pendampingan anak-anak di bawah umur yang sedang berhadapan dengan hukum di pengadilan.


Selengkapnya

Statistik Web

Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Jumlah
980
15591
63171
2121936

11.16%
29.71%
4.60%
0.27%
0.10%
54.15%
Online (2 minutes ago):5
5 guests
no members

 

Flag Counter

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48