banner ptaa

 

Ditulis oleh Admin Kesekretariatan 1 on . Dilihat: 387

PTA SAMARINDA GELAR RAPAT KOORDIANSI DAERAH (RAKORDA) BERSAMA PA SE-WILAYAH HUKUM PTA SAMARINDA

 

1 23022023 Rakorda 

Foto Rakorda PTA Samarinda dan PA Se Wilayah Hukum PTA Samarinda

PTA. Samarinda – Kamis (23/2/2023) pukul 08.00 WITA bertempat di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda menggelar kegiatan bertajuk Rapat Koordinasi Daerah tahun 2023. Rakorda kali ini mengusung tema “Dengan Rakorda Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dan Pengadilan Agama Se Wilayah Hukum PTA Samarinda, Kita Dukung Program Prioritas Badilag Tahun 2023”. Rakorda diikuti oleh jajaran Hakim Tinggi, Pejabat Kepaniteraan dan Kesekertariatan PTA Samarinda. Diundang pula para Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekertaris Pengadilan Agama se-wilayah hukum PTA Samarinda.

Pembukaan Rakorda dipandu oleh Dessy Mustika, S.H., selaku MC diisi dengan serangkaian acara yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne MA, pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Drs. Taswir (Panitera Pengganti PTA Samarinda), pembacaan doa oleh Fakhruzzaini, S.H.I., M.H.I. (Wakil Ketua PA Tanjung Redeb), laporan Panitia Pelaksana oleh Dr. Drs. Supadi, M.H. (Hakim Tinggi) dan sambutan oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, H. Helminizami, S.H., M.H. sekaligus membuka acara Rakorda PTA Samarinda secara resmi.

Dalam sambutannya, H. Helminizami, S.H.,M.H. menyampaikan bahwa Rakorda ditujukan dalam mendukung empat program prioritas Badilag yaitu 1) Penguatan Kelembagaan, 2) Penguatan Integritas, 3) Penguatan SDM, dan 4) Penguatan Pemanfaatan TI. Selain itu, kegiatan ini juga menampung aspirasi dari PA sehingga memiliki sifat bottom up planning equity, dan menurunkan kebijakan ataupun instruksi dari atas (Badilag) / top down planning equity. “Terima kasih kepada para peserta Rakorda atas partisipasinya, dan panitia Rakorda atas kontribusinya. Rakor ini sarat dengan makna, yaitu memaknai peringatan Hari Ulang Tahun PTA Samarinda yang ke 42. Diharapkan Rakorda dapat memiliki 2 sifat yaitu bottom up planning equity dan top down planning equity, dilaksanakan dalam mendukung program prioritas Badilag tahun 2023, serta menjadi sarana dalam menampung aspirasi dari PA se-wilayah hukum PTA Samarinda. Kita manfaatkan forum ini untuk menghasilkan rumusan-rumusan mengenai teknis yustisial, pengawasan, kepaniteraan, dan kesekretariatan. Oleh karena itu, kita berharap mudah-mudahan rakor ini berjalan dengan lancar dan sukses”, jelasnya.

2 23022023 Rakorda

 

Foto Sambutan Waka PTA Samarinda

Di akhir sambutan Wakil Ketua PTA Samarinda, H. Helminizami, S.H.,M.H. mengungkapkan bahwa PTA Samarinda telah membentuk Tim Monev dalam penilaian Prestasi Kinerja PA se-wilayah hukum PTA Samarinda. “Nanti akan dipilih PA mana yang terbaik dan akan diberikan piagam penghargaan. Adapun indikator yang dinilai antara lain : 1) Kedisplinan, 2) Realisasi DIPA 01 & 04 tahun 2022, 3) Kecepatan Penyampaian Laporan LHKPN dan LKHSN, 4) Pengelolaan BMN, 5) Progres Kinsatker, sedangkan hasilnya akan diumumkan pada saat penutupan Rakorda”, tuturnya.

Agenda rakor diawali dengan presentasi program kerja PA yang dipandu oleh Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H.,M.H., selaku Ketua Steering Committee (SC). Acara presentasi berturut-turut dari PA Samarinda oleh Sekertaris (Suriyanata, S.H.), PA Balikpapan oleh Panitera (Muhammad Rizal, S.H., M.H.), PA Tenggarong oleh Ketua (Reny Hidayati, S.Ag., S.H., M.H.I.), PA Tanjung Redeb oleh Ketua (Achmad Sya'rani, S.H.I.), PA Penajam oleh Ketua (H. Achmad Fausi, S.H.I.), PA Sendawar oleh Wakil Ketua (Zuhairi Bharata Ashbahi, S.H.I., M.H.), PA Bontang oleh Hakim (Riduansyah, S.H.I.), PA Tanah Grogot oleh Wakil Ketua (Fitriah Azis, S.H.), dan PA Sangatta oleh Wakil Ketua (Ismail, S.H.I., M.H.).

Selanjutnya agenda utama Rakorda yaitu pelaksanaan Sidang Komisi terdiri atas Komisi I (Teknis Yustisial), Komisi II (Pengawasan), Komisi III (Kepaniteraan), dan Komisi IV (Kesekretariatan). Masing-masing komisi didampingi oleh Hakim Tinggi, Panitera, dan Plt. Sekretaris PTA Samarinda selaku pendamping/ nara sumber. Setelah masing-masing komisi melaksanakan tugasnya, dilanjutkan dengan sidang pleno yang dipandu Dr.H.Supadi, M.H. Sidang pleno berjalan lancar dan menghasilkan rumusan-rumusan yang merupakan hasil rakorda tahun 2023. Hasil rumusan tersebut kemudian diserahkan oleh Steering Committee kepada WKPTA Samarinda dalam acara penutupan.

3 23022023 Rakorda

Foto Salah Satu Sidang Komisi dalam Rakorda

Dalam wawancara dengan Tim Media, KPA Tenggarong, Renny Hidayati, S.Ag., S.H., M.H.I. menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Rakorda PTA Samarinda dan PA se-wilayah hukum PTA Samarinda. “Alhamdullilah saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi untuk PTA Samarinda yang telah berhasil menyelenggarakan Rakorda dengan sangat sukses, sangat teratur dan juga menyenangkan. Semua komisi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu serta tidak terasa menjemukan karena banyak kegiatan-kegiatan yang relatif dinamis terutama ditambah dengan kejuaraan-kejuaraan. Alhamdullilah PA Tenggarong juga mendapat reward. Terimaksih PTA Samarinda”, ujarnya.

 4 23022023 Rakorda

Foto KPA Tenggarong,YM Ibu Renny Hidayati, S.Ag., S.H., M.H.I.

Tidak hanya itu, KPA Sendawar, Annys Ahmadi, S.H.I., M.H. juga menuturkan bahwa Rakorda PTA Samarinda merupakan acara yang positif. “Rakorda yang diselenggarakan oleh PTA Samarinda merupakan acara yang positif, karena dari acara ini, seluruh PA di wilayah PTA Samarinda mendukung penuh program prioritas Badilag tahun 2023, Selain itu kami juga merasa sangat bersyukur atas beragam penghargaan yang telah diberikan oleh PTA Samarinda kepada kami, segala prestasi yang kami raih merupakan hasil kerja sama yang solid dari seluruh aparatur di PA Sendawar”, tuturnya

 5 23022023 Rakorda

Foto KPA Sendawar, YM Bapak Annys Ahmadi, S.H.I., M.H. (Pada Posisi Tengah)

Setelah penutupan rakorda, akan dilanjutkan dengan Diskusi Hukum yang akan dilaksanakan pada pukul 19.30 WITA yang merupakan kerja sama antara IKAHI dengan PPHIMM PTA Samarinda. (dmy)

6 23022023 Rakorda

7 23022023 Rakorda

 

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48