banner ptaa

 

Ditulis oleh superadmin on . Dilihat: 262

PEMBINAAN MENTAL: "KITA UNUTK MEWUJUDKAN VISI INSTANSI"

PTASAMARINDA – Senin (30/1) pukul 08.00 bertempat di Aula Utama Pengadilan Tinggi Agama Samarinda telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Mental bagi apartur pengadilan. Pembinaan kali ini mengusung tema “Kiat Untuk Mewujudkan Visi Instansi” oleh Dr. Drs. H. Supadi, S.H., M.H. selaku Hakim Tinggi PTA Samarinda.

Kegiatan pembinaan mental ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Samarinda untuk seluruh pegawai dengan pemateri berasal dari kalangan Hakim Tinggi dan berlangsung secara bergantian di setiap minggunya.

Dr. Drs. H. Supadi, S.H., M.H. selaku pemateri menyampaikan bahwa terdapat tiga elemen dasar yang diperlukan dalam mewujudkan visi misi dari setiap organsisasi.

“Setiap instansi pastilah memiliki visi dan misinya, termasuk juga dengan PTA Samarinda. Sehingga terdapat tiga elemen dasar yang wajib dimiliki untuk mewujudkan hal tersebut diantaranya man (sumber daya manusia), money (uang), dan yang terakhir ialah material (bahan baku). Selanjutnya dari ketiga hal itu yang menjadi komponen utamanya adalah sumber daya manusia”, terangnya.

20230202 BIMTAL 1

Foto Pemateri Dr. Drs. H. Supadi, S.H., M.H. disebelah kiri

Lebih lanjut, beliau juga menambahkan bahwa sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam menggerakan money dan material sehingga diperlukan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat dan membuat komponen-komponen yang ada menjadi satu padu.

“Pengelolaan sumber daya yang baik akan menciptakan keselarasan dari semua komponen yang ada, namun jika hal itu tidak terjadi maka akan berlaku sebaliknya dan menjadi boomerang bagi instansi”, sambungnya.

Beliau juga memaparkan bahwa ada lima unsur untuk merubah mindset (pola pikir) dari culture set (budaya kerja) dalam mewujudkan visi instansi, yaitu komitmen, koordinasi, komunikasi, kerja sama, dan kontribusi.

Komitmen adalah ikatan seseorang terhadap organisasinya serta cerminan dimana seorang karyawan/pegawai mengenal organisasi dan terikat dengan tujuan organisasi. Komitmen memiliki peran sebagai pendorong bagi suksesnya keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Sedangkan koordinasi memiliki peranan untuk menjaga efektifitas dan efesiesnsi organisasi dimana dengan adanya koordinasi dapat mencegah terjadinya konflik tumpang tindih dalam suatu pekerjaan sehingga membuat pekerjaan menjadi jauh lebih ringan.

Komunikasi dalam pekerjaan di organisasi/instansi merupakan sebuah hal penting untuk dilakukan bahkan juga dapat membantu dalam persoalan yang sulit sekalipun. Komunikasi haruslah berkualitas karena hal itu akan berpengaruh apakah pesan dapat tersampaikan dengan baik. Misalnya saja komunikasi dengan metode terbaik adalah apa yang telah dilakukan oleh baginda Rasullulah SAW sehingga membuat beliau diakui dalam buku “The 100 a rangking of The Most Influential Persons in History” oleh Michael Hart sebagai orang yang berpengaruh dalam sejarah dan menempati posisi pertama.

Selanjutnya adalah kerjasama, sehebat apapun seseorang dalam mengurus organisasi/instansi jika dilakukan sendirian maka hasilnya tidak akan maksimal. Kerjasama dalam suatu organisasi/instansi adalah suatu keniscayaan yang harus dimiliki untuk dapat mewujudkan visi dari organisasi tersebut.

Unsur terakhir yang harus dimiliki oleh instansi dalam mewujudkan visi instansi adalah kontribusi. Hal itu selaras dengan salah satu hadist Rasullulah SAW yaitu “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain”.

Dari hadist tersebut dapat dipahami bahwa Nabi Muhammad SAW mendorong kita untuk memberikan manfaat kepada orang lain, dan semakin banyak kontribusi kita kepada orang lain maka hal itu adalah yang terbaik. Jadi marilah kita bertanya pada diri kita sendiri “Sudahkan kita memberikan kontribusi kepada instansi dimana kita bekerja?” .

Nantikan pemberitaan terkait kegiatan Pembinaan Mental Pengadilan Tinggi Agama Samarinda selanjutnya pada tanggal 6 Januari 2023 mendatang. (dmy/spd)

 20230202 BIMTAL 2

 20230202 BIMTAL 3

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48