Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Satker di Wilayah PTA Samarinda [10/06/2022]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 78

PENDAMPINGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS SATKER DI WILAYAH PTA SAMARINDA

Samarinda | 10 Juni 2022

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda merupakan salah satu Pengadilan yang berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada tahun 2021 lalu. Sebagai Pengadilan Tingkat Banding, PTA Samarinda tentu memiliki kewajiban untuk membina satuan kerja yang berada di wilayah hukumnya agar mampu meraih predikat yang sama. Dukungan yang diberikan PTA Samarinda kepada Pengadilan Agama yang berada di bawahnya adalah dengan memberikan pendampingan Pembangunan Zona Integritas (ZI). Pendampingan tersebut adalah dengan membentuk Tim Pendampingan Pembangunan ZI yang terdiri dari Ketua Tim, Supervisor dan Anggota Pendamping.

Tim Pendamping Pembangunan ZI bertugas menampingi dan memberikan arahan terkait apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Desk Evaluasi ZI, baik internal Mahkamah Agung maupun Kemenpan-RB nantinya. Tim Pendampingan yang diketuai oleh Hakim Tinggi, Ibu Dr. Hj. Lailatul Arofah, M.H. memiliki program pendampingan setiap minggu secara virtual melalui Zoom Meeting. Pendampingan virtual perdana dilaksanakan pada hari ini, Jum’at, 10 Juni 2022 pada pukul 14.00 WITA. Pendampingan yang dilaksanakan di ruang Command Center lantai 2 gedung kantor PTA Samarinda ini, dihadiri oleh Ketua PTA Samarinda, Bapak Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H., Wakil Ketua PTA Samarinda yang sekaligus Ketua Pembangunan ZI PTA Samarinda, Bapak H. Helminizami, S.H., M.H. Selain itu, hadir pula para Hakim Tinggi yang merupakan Supervisor dan para anggota Pendamping, diantaranya Panitera dan Sekretaris PTA Samarinda. Serta tentunya Pengadilan Agama yang menjadi para peserta pendampingan.

Pendampingan Pembangunan ZI rencananya akan rutin dilaksanakan setiap minggunya dengan membagi beberapa satuan kerja di setiap pertemuannya. Dan yang berkesempatan mendapatkan pendampingan hari ini adalah Pengadilan Agama Tenggarong, Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Pengadilan Agama Tarakan, dan Pengadilan Agama Nunukan. Keempat pengadilan ini merupakan Pengadilan Agama yang telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan sedang diusulkan untuk meraih predikat WBBM di tahun 2022 ini.

1 10062022 Pendampingan ZI

Pembawa Acara Membacakan Susunan Acara

Pertemuan perdana ini, diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Selanjutnya, yaitu arahan dari Ketua PTA Samarinda sekaligus membuka secara resmi pendampingan tersebut. Di dalam arahannya, Ketua PTA Samarinda berharap pendampingan ini dapat memberikan bimbingan dan persiapan yang matang dalam menghadapi desk evaluasi, dengan merekam progress atau perkembangan pembangunan ZI di setiap satuan kerja.

Selesai arahan dari Ketua PTA Samarinda, dilanjut dengan penyampaian materi pendampingan oleh Ketua Pendamping Pembangunan ZI, Ibu Dr. Hj. Laila. Di pendampingan hari ini, Beliau menyoroti  Area 6 Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pembangunan ZI, pada poin 1b Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah. Kemudian, setiap Pengadilan Agama yang hadir untuk menyampaikan perkembangan Pembangunan ZI di satuan kerja masing-masing, khususnya yang berkaitan dengan Area 6 tersebut. Setiap Pengadilan Agama menyampaikan bahwa mereka akan mengembangkan berbagai inovasi yang telah ada sebagai wujud inovasi pelayanan publik yang mendukung pembangunan ZI. Khusus untuk Pengadilan Agama Tenggarong, mereka juga menyampaikan pengalaman mereka yang telah lebih dulu berkesempatan melakukan Desk Evaluasi bersama Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung RI. Pada Desk Evaluasi tersebut, Pengadilan Agama Tenggarong menyampaikan bahwa mereka mendapatkan apresiasi dari Bawas karna mampu menindaklanjuti secara cepat apa yang diminta oleh Bawas.

2 10062022 Pendampingan ZI

Penyampaian Perkembangan ZI oleh Pengadilan Agama Tarakan

Sebelum acara diakhiri, salah satu Supervisor yaitu Hakim Tinggi Bapak Drs. H. Arifin, M.H. selaku Supervisor Pengadilan Agama Tanjung Redeb memberikan saran untuk peningkatan dari inovasi yang telah ada di Pengadilan Agama Tanjung Redeb dan Pengadilan Agama lainnya. Kemudian acara ditutup oleh pembawa acara sekitar pukul 16.00 WITA.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48