TPN Kemenpan RB Beriakan Apresiasi Atas Capaian Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Samarinda [19/11/2021]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 32

TPN KEMENPAN RB BERIKAN APRESIASI ATAS CAPAIAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS PENGADILAN TINGGI AGAMA SAMARINDA

Samarinda | 19 Nopember 2021 

Hari Jumat 19 Nopember 2021 menjadi hari yang sangat penting, sangat mendebarkan dan sangat bersejarah bagi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, betapa tidak perjuangan menjaga konsistensi predikat WBK dan perjuangan yang tak kenal lelah untuk terus melakukan peningkatan layanan, pada hari ini harus dipresentasikan agar Tim Penilai Nasional Kemenpan RB yakin bahwa perubahan seluruh area pembangunan ZI Pengadilan Tinggi Agama Samarinda benar-benar telah terwujud secara nyata.

Di ruang Command Center Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Drs. H. M. Manshur, S.H., M.H. mempresentasikan progress pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Samarinda dengan gayanya yang khas, percaya diri dan meyakinkan, karena memang beliau mengawal perubahan seluruh area dengan baik dan menyampaikan indikator keberhasilan yang terukur.

1 19112021 DeskEvaluasiZI

Mengawali presentasinya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, mengajak Tim Pembangunan Zona Integritas mengucapkan Yel-yel:

Mahkamah Agung.. Unggul

Badilag.. Excellent
Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.. PRIMA
WBK.. Konsisten
WBBM.. Pasti.. Pasti.. Pasti.. YES!

Selanjutnya beliau memaparkan slide yang telah disiapkan dengan diawali capaian kinerja secara umum, bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan publik, pada saat WBK, Pengadilan Tinggi Agama Samarinda hanya memiliki 3 Inovasi, maka saat menuju WBBM telah dibuat :

  1. 6 Inovasi baru: 1. SIP-PASTI PTA, 2. Awas Bang, 3. Si-Nila, 4. Buku Tamu Elektronik, 5. Si-Mansur dan 6. Smart PTA;
  2. 3 Inovasi Kebijakan: 1. Percepatan penanganan perkara, 2. Percepatan penanganan pengaduan, dan 3. SIADPADU;
  3. 2 Pengembangan Inovasi yang sudah ada: 1.Si-Pesut dan 2. VAC versi 2.0

Semua inovasi-inovasi sebagaimana tersebut di atas telah dipaparkan pula berapa penggunanya hingga saat ini dan ada satu aplikasi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda yang di buat tahun 2019 saat pembangunan ZI menuju WBK, yaitu VAC (Validasi Akta Cerai) yang telah direplikasi oleh Badilag tahun 2020 dan diberlakukan secara Nasional, hal ini sangat diapresiasi oleh Tim Penilai Nasional.

VAC

Disamping itu inovasi Awas Bang (pengawasan Pembangunan) yang saat ini diterapkan untuk pengawasan pembangunan gedung Pengadilan Agama Penajam dan diapresiasi oleh Mahkamah Agung RI, oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda disampaikan bahwa aplikasi tersebut ke depannya akan dikembangkan sebagai aplikasi untuk pengawasan semua anggaran belanja modal.

Ketiga jenis inovasi sebagaimana tersebut di atas, muaranya adalah untuk meminimalisir bahkan meniadakan kemungkinan terjadi prilaku koruptif serta meningkatkan layanan.

Presentasi diakhiri dengan Pantun:

Sungguh indah pulau Kumala
Lebih indah lagi pulau Derawan
Moto layanan kami bekerja dengan PRIMA
Predikat WBBM pasti kami dapatkan

Setelah presentasi usai, Desk Evaluasi dilanjutkan dengan penyampaian beberapa pertanyaan dari TPN Kemenpan RB yang didampingi oleh TPI Bawas Mahkamah Agung RI dan semuanya telah dijawab dengan baik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda serta ditambahkan uraian yang bersifat teknis oleh sebagian anggota Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Dari pemaparan hingga uraian jawaban tersebut, TPN Kemenpan RB memberikan apresiasi atas capaian pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama Samarinda karena semuanya telah dipaparkan dengan jelas disertai indikator perubahan yang terukur.

Akhirnya semua keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Samarinda saat ini tinggal berdoa, semoga cita-cita meraih predikat WBBM dapat tercapai dan semua nilai-nilai luhur yang telah diinternalisasikan dapat terjaga secara konsisten, Aamiin.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48