Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Keluaraga Besar PTA Samarinda [05/11/2021]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 48

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

 Samarind | 05 Nopember 2021

Pada tanggal 5 Nopember 2021 Masehi bertepatan dengan tanggal 29 Robiul Awwal 1443 Hijriah, Keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Samarinda menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lapangan Tenis kantor Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengambil tema: “Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Kesalehan Spiritual, Sosial dan Kinerja Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2021”.

1 05112021 Maulid Nabi

Acara yang diketuai oleh Hakim Tinggi senior, Drs. H. Ilham Mushaddaq,S.H., M.H. ini diawali dengan pembacaan Sholawat Nabi oleh grup Hadrah “Habsy Assya’adiyah’” dari Air Putih Samarinda Ulu sebagai pra-acara. Selanjutnya secara formal acara dimulai dengan Sambutan Ketua Panitia, dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Drs. H. Asyakir, M.H. Setelah pembacaan ayat suci al-Qur’an, maka dikumandangkan kembali pembacaan Sholawat Nabi dan saat mahallul Qiyam, suasana menjadi lebih meriah dengan pembagian telur yang dihias, disertai bendera uang Rp10.000,- (sepeuluh ribu rupiah).

cara ini diawali dengan pembacaan Sholawat Nabi oleh grup Hadrah “Habsy Assya’adiyah” dari Pesantren Assya’adiyah Samarinda Ulu sebagai pra-acara. Selanjutnya secara formal acara dimulai dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Drs. Asyakir, M.H. Setelah pembacaan ayat suci al-Qur’an, acara dilanjutkan Kembali dengan pembacaan Sholawat Nabi dan saat mahallul Qiyam, suasana menjadi lebih meriah dengan pembagian telur yang dihias dan disertai bendera uang Rp 10.000,- (sepeuluh ribu rupiah).

Selanjutnya dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Drs. H. M. Manshur, S.H., M.H. menyampaikan bahwa pembinaan rohani melalui kegiatan semacam ini diharapkan akan senantiasa dilakukan sebagai sebuah sistem untuk menjaga integritas moral seluruh aparat di Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, sehingga kesalehan spiritual, sosial dan kinerja dapat terbangun dan terjaga dengan baik sampai kapanpun dan dalam kepemimpinan siapapun di Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Sebelum ceramah Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW disampaikan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim dan Dhuafa’ sejumlah 32 orang yang merupakan kegiatan rutin Jumat berkah keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.

2 05112021 Maulid Nabi

Dr. H. Akhmad Haries, S.Ag., M.Si. dalam uraian hikmahnya menyampaikan beberapa alasan tentang urgensi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan beberapa kunci pokok terkait tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini yaitu: kunci kesalehan spiritual adalah menjaga sholat lima waktu dengan baik, jangan sampai waktu sholat diabaikan karena pekerjaan lalu untuk mewujudkan kesalehan social kuncinya adalah selalu ringan memberikan pertolongan kepada orang lain, peka dan peduli serta rajin bersedekah. Dan selanjutnya Dosen fakultas Syariah UINSI Samarinda ini menyampaikan bahwa untuk mewujudkan kesalehan kinerja kuncinya adalah fokus dengan apa yang harus dikerjakan, kerjakan apa yang menjadi tupoksi kita dengan maksimal, tidak perlu iri dengan pekerjaan orang lain. Selanjutnya Guru Haries, demikian sapaan akrab sang penceramah kali ini juga didaulat untuk memimpin pembacaan doa sebagai akhir acara. Semua tentu berharap, semoga semua keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, terkhusus yang hadir dalam peringatan Maulid Nabi saat ini, kelak akan mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Aamiin

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48