Pelaksanaan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Oleh Tim Asessmen Eksternal Di Pengadilan Agama Tenggarong [08/11/2021]

banner ptaa

 

on . Hits: 26

Pelaksanaan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Oleh Tim Asessmen Eksternal Di Pengadilan Agama Tenggarong

pic patgr 08112021 2

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id

Dalam rangka memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu secara berkesinambungan serta dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan kepada para pencari keadilan di Pengadilan Agama  Tenggarong, Tim Asessor Eksternal Pengadilan Tinggi Agama Samarinda melaksanakan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Tenggarong. Bertindak sebagai Lead Asessor adalah Bapak Ahmad Supiansyah, S.H.I. Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan TI Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, dan didampingi oleh Bapak Rumaidi, S.Ag. Panitera Muda Hukum Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 8 November 2021.

Kedatangan Tim Assessor Eksternal dari Pengadilan Tinggi Agama Samarinda di Pengadilan Agama Tenggarong pukul 09.00 WITA secara mendadak atau tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Begitu tiba di Pengadilan Agama Tenggarong, Tim Assessor Eksternal langsung melakukan pemantauan/pengamatan terhadap kondisi sarana prasarana dan kebersihan lingkungan kantor, pelaksanaan 5RIN dan 5S, kesiapan petugas dan pelayanan PTSP / resepsionis, serta mengamati/mengkonfirmasi kompetensi petugas e-Court. Selain itu, Tim Assessor Eksternal juga melakukan wawancara kepada penerima layanan di Pengadilan Agama Tenggarong.

Setelah melakukan pemantauan / pengamatan, lalu Tim Assessor Eksternal melaporkan maksud dan tujuan kedatangannya kepada pimpinan Pengadilan Agama Tenggarong. Setelah melakukan ramah tamah, Tim Assessor Eksternal melakukan pemeriksaan terhadap kondisi dekorum ruang sidang dan PTSP, kesesuaian data SIPP dengan berkas dan arsip perkara, Implementasi SOP, daftar hadir pegawai, keterbukaan informasi publik pada website/papan pengumuman, memeriksa implementasi 11 inovasi dan aplikasi Ditjen Badilag dan juga aplikasi dari Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, dan memeriksa hasil Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Persepsi Korupsi.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana komitmen dan konsistensi seluruh pejabat dan aparatur Pengadilan Agama Tenggarong dalam mempertahankan mutu / kualitas manajemen Akreditasi Penjaminan Mutu yang telah berjalan di Pengadilan Agama Tenggarong.

pic patgr 08112021 3

Tepat pukul 16.00 Wita di ruang Ketua Pengadilan Agama Tenggarong, Lead Asessor menyerahkan hasil surveillance kepada Top Manajemen, lalu Top Manajemen menyerahkan hasil temuan tersebut kepada Ketua Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Tenggarong untuk segera dilakukan tindakan permintaan perbaikan. Alhamdulillah, dari temuan tersebut tidak ada yang bersifat mayor dan Ketua Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Tenggarong menyatakan akan segera melaksanakan permintaan perbaikan tersebut.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48