banner ptaa

 

JADWAL SIDANG

ajadwalsidangPengadilan Tinggi Agama Samarinda memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang perkara banding untuk para pihak berperkara.

INFORMASI PERKARA

aSIPPMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

E-COURT

aE COURTLayanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

PENGADUAN

aSIWASSIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

BIAYA PERKARA

abiayaperkaraEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

VALIDASI AC
validasiValidasi Akta Cerai untuk memastikan keaslian akta cerai yang di pegang.

ptsp

 

MAKLUMAT PELAYANAN update 2023

 

LAPORKAN
siwas gol logo benturan
Lapor Pengaduan Lapor Gratifikasi Benturan Kepentingan

 

 

 

PTA SAMARINDA TV CHANNEL



KETUA PTA SAMARINDA MEMBUKA SECARA RESMI BIMTEK BIDANG KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN BMN SE-WILAYAH PTA SAMARINDA

Samarinda | 27 Oktober 2021

1 27102021 Pembukaan Bimtek

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda kembali mengadakan kegiatan Bimtek Kesekretariatan yang mencakup Bidang Keuangan, Kepegawaian dan BMN Tahun Anggaran 2021. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari ini Rabu tanggal 27 sampai dengan Jum’at 29 Oktober 2021 bertempat di aula PTA Samarinda, dalam kesempatan sambutannya, Ketua PTA Samarinda Drs. H.M. Manshur, S.H., M.H. berpesan agar kegiatan Bimtek ini jangan hanya dianggap sebagai rutinitas, peserta diharapkan bisa menggali ilmu sedalam-dalamnya untuk meningkatkan kualitas SDM dan dapat mengimplementasikan dalam tugas sehari-hari dan dapat menuju peradilan yang agung yang berkelas dunia.

Program kegiatan Dirjen Badan Peradilan Agama sangat banyak dan kita harus mampu beradaptasi, kalau tidak bisa kita akan digilas oleh perubahan. Meski core business instansi peradilan adalah menyelesaikan perkara, namun Kesekretariatan adalah bagian yang tak kalah pentingnya. Beliau juga mengajak seluruh peserta Bimtek Kesekretariatan ini berkomitmen mewujudkan visi, misi dan cita-cita Peradilan yang Agung secara bersama-sama, serta tidak boleh mementingkan ego sektoral semata.

4 27102021 Pembukaan Bimtek

Sekarang kita juga disibukkan dengan observasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), persiapan desk evaluasi Zona Integritas dan juga SIPP. Hasil penilaian tahun lalu masih ada satker yang kondisi kantornya tidak sesuai dengan hasil penilaian “A Excellent” sehingga ada wacana dari Dirjen Badilag penilaian observasi secara silang namun masih ditunda. Oleh karena itu diharapkan kepada semua satker agar merespon setiap kebijakan dan arahan dari PTA Samarinda dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja, demikian papar KPTA H.M. Manshur.

Dalam kesempatan penyampaian laporan kegiatan, Ketua Panitia Pelaksana H. Saifuddin, S.H., M.H. yang juga menjabat sebagai Sekretaris PTA Samarinda mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen Pengadilan Tinggi Agama Samarinda untuk lebih memantapkan lagi pemahaman, pengetahuan dan pengejawantahan Reformasi Birokrasi yang menjadi mainstream bagi para aparatur peradilan dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai unit pendukung di lembaga peradilan yang kita cintai ini.

Sejak diberlakukannya PERMA No. 7 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan, telah banyak dilantik pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan, namun belum diimbangi dengan kesempatan pengembangan kompetensi baik di Tingkat Banding maupun di Tingkat Pertama. Oleh karena itu Mahkamah Agung RI telah mengalokasikan anggaran Bimtek ini untuk menunjang kegiatan pengembangan kompetensi dimaksud.

7 27102021 Pembukaan Bimtek

Dalam laporan Panitia Pelaksana, Saifuddin mengatakan bahwa Dasar Hukum kegiatan Bimtek ini adalah: UU RI Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, UU RI Nomor 5 Th 2015 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Kepala LAN Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi ASN, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119 Tahun 2020 tentang Standar Biaya Masukan TA. 2021, Surat Edaran Sek-MA.RI No. 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Teknis ASN Tahun 2021 di Pengadilan Tingkat Banding Empat Lingkungan Peradilan serta SK Ketua PTA Samarinda No. W17-A/2227/PP.01.3/10/2021 tanggal 15 Oktober 2021 tentang pembentukan Panitia Pelaksana Bimtek Bidang Keuangan, Kepegawaian dan BMN Tahun Anggaran 2021.

Adapun tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah untuk pemenuhan hak peningkatan kompetensi ASN yang bertugas di Kesekretariatan se-wilayah hukum PTA Samarinda dengan sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya kompetensi ASN yang bertugas di bidang Keuangan, Kepegawaian dan BMN dan meningkatnya kualitas pelayanan administrasi kesekretariatan.

Penyelenggara kegiatan ini adalah PTA Samarinda yang penanggungjawabnya adalah Ketua PTA Samarinda sendiri. Pelaksanaan Bimtek ini menggunakan standar kesehatan protab Covid-19 dengan menerapkan 5 M = memakai masker, menjaga jarak, memakai handsanitizer, menghindari salaman dan mengurangi mobilitas. Seluruh peserta dan panitia juga wajib mengikuti test swab antigen sebelum mengikuti kegiatan ini.

Peserta kegiatan adalah Aparatur Peradilan yang bertugas di Kesekretariatan Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding di wilayah PTA Samarinda terdiri dari: PTA 5 orang dan PA 28 orang ditambah 8 orang peserta tambahan yang dibiayai dari DIPA satker yang bersangkutan, sehingga jumlah keseluruhannya sebanyak 41 orang.

Adapun materi dan narasumber pelaksanaan bimbingan teknis ini disesuaikan dengan keperluan tusi kesekretariatan baik dari internal Mahkamah Agung (Biro Perencanaan dan Organisasi MA RI), maupun dari Kementerian/Lembaga lain (KPPN Samarinda, BPKP Provinsi Kaltim, BKD Provinsi Kaltim, Dinas Perpustakaan & Kearsipan Daerah Kaltim, dan PT. Taspen) yang dilakukan secara tatap muka dan virtual.

Sebagai bukti keikutsertaan, peserta akan diberikan sertifikat dengan informasi materi dan jumlah JPL yang ditandatangani oleh Ketua PTA Samarinda.

Pembiayaan dibebankan pada DIPA Pengadilan Tinggi Agama Samarinda. Adanya refocusing tersisa 25% ditambah sisa Bimtek Perencanaan tahap pertama akhirnya kita bisa melaksanakan Bimtek ini secara tatap muka. Anggaran ini meliputi: belanja bahan, biaya transportasi, akomodasi, uang saku dan jasa narasumber.

Pada waktu yang bersamaan, untuk meningkatkan pemahaman pengelolaan PNBP dan penggunaan aplikasi TPNBP dalam penyusunan target PNBP, maka Biro Keuangan MA.RI akan melakukan kegiatan pendampingan penyusunan target pada aplikasi TPNBP Versi 5.0 kepada para Bendahara PNBP pada tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober 2021 secara Zoom Meeting. Oleh karena itu kepada Bendahara PNBP yang kebetulah juga sebaga peserta bimtek ini bisa mengambil tempat tersendiri yg akan diatur panitia.

Atas nama Panitia, Saifuddin berharap semoga dengan kegiatan Bimtek ini kita dapat melangkah bersama menuju hari esok yang lebih baik dan semoga Peradilan Agama di wilayah PTA Samarinda bisa menyongsong Peradilan yang Agung. Dalam penutup sambutan Saifuddin juga menyampaikan pantun yang berbunyi: Samarinda kota Tepian, Sungai Mahakam terletak disana… Semoga pian sehat barataan, bisa mengikuti Bimtek sampai akhir acara. (Sfdn)

  • Register Perkara Banding
  • Laporan Perkara
  • Statistik Kepegawaian

Buku Register Perkara Banding

Setelah berlakunya Undang-undang No 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, pola register sebelumnya dipandang sudah tidak sesuai dengan jiwa undang-undang tersebut, sehingga harus diubah disempurnakan. Pola register yang baru di atur dalam surat ketua mahkamah agung RI No. KMA/001/SK/1991 tanggal 24 Januari 1991.

 

Selengkapnya

Laporan Keadaan Perkara PTA Kalimantan Timur

Laporan Keadaan Perkara berdasarkan surat  Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama  MA RI Nomor:0377.a/DjA/HM.00/2/2016, tanggal 28 Januari  2016.

Adapun isi Laporan Keadaan Perkara Pada Tingkat Banding yaitu :

  1. Laporan LIPA.1 - LIPA.3
  2. Laporan RK.1 - RK.12
  3. Laporan Perkara yang diterima dan diputus
  4. Laporan Perkara yang diajukan Banding, Kasasi, Peninjauan Kembali, Eksekusi
  5. Laporan Kegiatan Hakim

 

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48