Hakim PA Tenggarong Ikuti Pelatihan Online Ilmu Jurnalistik [15/02/2021]

banner ptaa

 

on . Hits: 14

Hakim PA Tenggarong Ikuti Pelatihan Online Ilmu Jurnalistik

pic patgr 15022021 2

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id

Senin (15/02/2021) Hakim Pengadilan Agama (PA) Tenggarong, Nor Hasanuddin, Lc., M.A. mengikuti pelatihan dalam jaringan (daring) yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Menpim Mahkamah Agung RI bekerjasama dengan Tempo Institute Tahun Anggaran 2021. Kegiatan yang diselenggarakan dari tempat kerja ini diikuti oleh 258 orang hakim dan 82 pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan dari empat lingkungan badan peradilan: peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer dan peradilan tata usaha negara.

Pelatihan ini terselenggara berdasarkan Surat Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Nomor :  178/BLD/S/2/2021 perihal Pemanggilan Peserta Pelatihan Online Ilmu Jurnalistik Tahun 2021 tanggal 09 Februari 2021.

Pelatihan daring ini berlangsung selama 4 hari mulai 15-18 Februari 2021. Hari pertama pelatihan ini dimulai pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 12:00 WIB. Pemateri dalam acara pelatihan daring ini merupakan para wartawan senior Majalah Tempo, antara lain adalah Lestantya R Baskoro, Syailendra Persada dan Uu Suhardi.

pic patgr 15022021 3

Lestantya R Baskoro menyampaikan materi isu-isu peradilan yang layak diketahui publik. Menurutnya, berita yang layak diketahui publik ada dua: berita yang berkaitan dengan putusan dan berita di luar putusan.

Ciri-ciri berita yang berkaitan dengan putusan, menurutnya, antara lain harus memenuhi kriteria putusan yang pertama kali, akibat putusan, terobosan hakim dan trend. Sedangkan ciri berita yang di luar putusan antara lain mengandung unsur reformasi pengadilan, profil hakim dan inormasi pengadilan.

Syailendra Persada pula menyampaikan materi siaran pers dengan kaidah search engine optimazation (SEO). Menurutnya, SEO adalah suatu cara untuk membuat situs berada pada halaman pertama mesin pencarian internet, seperti Google, Bing dan Yahoo.

Manfaat SEO adalah meningkatkan rangking website, mendapatkan lalu lintas pengunjung yang memadai, meningkatkan peluang penjualan dan meningkatkan popularitas.

Sedangkan Uu Suhardi menyampaikan materi kalimat efektif yang mencakup tips menyusun kalimat yang sempurna dan kalimat tidak efektif. Dia juga mencontohkan kalimant tidak efektif yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada hari kedua dan ketiga, tanggal 16 s.d. 17 Februari 2021 adalah mengerjakan tugas menyusun siaran pers dengan kaedah SEO dan koreksi oleh mentor masing-masing peserta. Sedangkan hari keempat, tanggal 18 Februari 2021 evaluasi terhadap tugas yang dikerjakan oleh para peserta.

Objektif pelatihan daring ini adalah peserta diharapkan mampu mengoptimalkan setiap ruang dan kesempatan yang diberikan oleh media untuk publikasi dan melalui siaran pers dengan kaidah search engine optimazation (SEO).

Nor Hasanuddin selaku salah seorang peserta dalam pelatihan dengan tajuk: “Ilmu Jurnalistik” sangat berterima kasih kepada Pusdiklat Menpim RI karena diikutkan dalam pelatihan online tersebut. Semoga apa yang diperoleh dalam seminar tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan berorganisasi dalam rangka meraih kesuksesan demi kemajuan lembaga peradilan Indonesia. (NH/Tgr)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48