Sinergitas Melalui Pelayanan Sidang Terpadu (Istbat Nikah) di Kampung Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan [19/10/2020]

banner ptaa

 

on . Hits: 32

PELAKSANAAN PELAYANAN SIDANG TERPADU MELALUI SIDANG KELILING DI TANJUNG BATU KECAMATAN PULAU DERAWAN

 
 

Tanjung Redeb I www.pa-tanjungredeb.go.id

Bertempat di Gedung Aula Pertemuan Kecamatan Pulau Derawan di Jalan Tenggiri Kampung Tanjung Batu pada hari ini Senin tanggal 19 Oktober 2020 telah dilaksanakan Pelayanan Sidang Terpadu (Istbat Nikah) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau, Pengadilan Agama Tanjung Redeb dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau.

Kegiatan ini sendiri sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

Dalam kegiatan Pelayanan Sidang Terpadu yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Berau melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau Tahun Anggaran 2020 ini berhasil memutus 17 perkara Istbat Nikah dan 7 perkara gugatan.

Pelaksanaan Sidang Terpadu ini di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Bapak Ahmad Rifai, S.H.I, dibantu 3 (tiga) orang hakim masing-masing: Ibu Nurqalbi, S.H.I, Bapak Dhimas Adhi Sulistyo, S.H dan Bapak Jafar Shodiq, S.H.I, 3 (tiga) orang sebagai panitera pengganti yakni Bapak Drs. Kaspul Asrar, Ibu Dra. Marianah, S.H, Bapak Muhammad Arsyad, S.H dan 1 orang jurusita Bapak Ramlan, Kepala Bidang Catatan Sipil Bapak Faisal Riza dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Pulau Derawan Bapak H. Sudirman, S.Ag.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb berharap dengan adanya sinergitas antara 3 instansi ini dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dan kepastian bagi warga masyarakat Kabupaten Berau pada umumnya dan masyarakat Kecamatan Pulau Derawan pada khususnya dalam memperoleh identitas dan status kependudukan. Bapak Ahmad Rifai, S.H.I juga mengharapkan agar pada tahun depan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menjangkau beberapa bahkan banyak kecamatan yang ada di kabupaten Berau sehingga terjadi pemerataan dalam pelayanan di bidang hukum.

Setelah dilaksanakan sidang Istbat nikah dan pemeriksaan oleh hakim tunggal, sesaat itu pula diserahkan salinan penetapan dari Pengadilan Agama Tanjung Redeb, para pihak pencari keadilan langsung menerima buku nikah yang diserahkan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Derawan juga diserahkan kartu keluarga/akta kelahiran oleh Kepala Bidang Catatan Sipil mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau dalam waktu dan tempat yang bersamaan. (*sb/sa)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48