Assesment Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2020 pada Pengadilan Agama Tanjung Redeb [30/09]

banner ptaa

 

on . Hits: 51

PELAKSANAAN ASSESMENT EKSTERNAL AKREDITASI PENJAMINAN MUTU, PENGADILAN AGAMA TANJUNG REDEB BERTEKAD MEMPERTAHANKAN "A" EXCELLENT

 
 

Tanjung Redeb I www.pa-tanjungredeb.go.id

Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang dicetuskan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dan seiring waktu karena perubahan/revisi kini berubah menjadi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) sangat direspon positif oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Tanjung Redeb.

Hari Senin tanggal 28 September 2020 Tim Asesor Eksternal dari Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur bertandang ke Pengadilan Agama Tanjung Redeb dengan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena bersifat inspeksi mendadak (sidak) dengan diketuai oleh Dessy Mustika, S.H sebagai (Lead Asesor) dengan didampingi Bapak H. Saifuddin, S.H., M.H (Asesor Pendamping) dan Moch. Ardany Chabib, S.H (Asesor Pendamping). Kedatangan tersebut untuk melaksanakan telusur dan observasi mengukur tingkat kesesuaian antara implementasi pada Pengadilan Agama Tanjung Redeb terhadap persyaratan Akreditasi Penjaminan Mutu. Adapun acara Assesment Eksternal ini berlangsung selama 3 (Tiga) hari yaitu dimulai tanggal 28 September 2020 hingga 30 September 2020.

Penyampaian Hasil Asesmen Surveillance II oleh Lead Asesor, Ibu Dessy Mustika, S.H

Untuk Wilayah PTA Kalimantan Timur tahap pertama secara bersamaan/serentak telah dilaksanakan surveillance kedua untuk masing-masing satuan kerja, yaitu Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Pengadilan Agama Tarakan dan Pengadilan Agama Sangatta dilakukan asesmen eksternal.

Kedatangan Tim Asesor Eksternal secara tiba-tiba langsung melakukan pemeriksaan dan penyisiran setiap ruangan yang dimulai dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan menanyakan kepada petugas tentang persyaratan pendaftaran gugatan cerai dan Standar Operasional Prosedur (SOP), selanjutnya ke ruang sidang untuk melihat sejauh mana pelaksanaan kebijakan Dirjen Badilag tentang Dekorum, ruang mediasi, ruang kaukus, ruang posbakum dan ruang laktasi. Selanjutnya tim asesor eksternal memeriksa halaman kantor, tempat parkir roda empat dan dua, ruang genset dan musholla yang terletak dibelakang gedung pengadilan.

Setelah cukup lama memeriksa dan berkeliling di area kantor Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Tim Asesor Eksternal melapor kepada Recepsionist untuk bertemu dan melaporkan kedatangan kepada Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb. Tim Asesor Eksternal diterima oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Bapak Ahmad Rifai, S.H.I didampingi Panitera Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Bapak Drs. Kaspul Asrar.

Tim Asesor Eksternal PTA Kaltim melaporkan maksud kedatangan kepada Ketua PA Tanjung Redeb

Pada hari pertama dilakukan Telusur Dokumen Akreditasi Penjaminan Mutu dan pada hari kedua tim asesor eksternal melakukan observasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Agama Tanjung Redeb.

Dalam acara Closing Meeting bertempat di Ruang Aula diawali dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Bapak Drs. Kaspul Asrar, selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta lagu Hymne Mahkamah Agung. Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas seluruh masukan yang diberikan oleh Assesor Eksternal yang termuat dalam kontrak kinerja permintaan perbaikan hasil asesmen surveillance II Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2020 pada Pengadilan Agama Tanjung Redeb.

Pimpinan dan pegawai PA Tanjung Redeb saat mengikuti acara Closing Meeting Surveillance APM

Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb juga berjanji akan memperbaiki dan menyelesaikan hasil asesment yang belum sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang ditentukan dalam Akreditasi Penjaminan Mutu dalam jangka waktu 1 (satu) bulan. Dan beliau juga berharap agar penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu senantiasa dilaksanakan sepenuhnya oleh aparatur Pengadilan Agama Tanjung Redeb, karena ini merupakan cara efektif untuk mengukur dan mengevaluasi mutu pelayanan Pengadilan Agama Tanjung Redeb terhadap layanan pada masyarakat pencari keadilan yang ada di Kabupaten Berau ini. 

Selanjutnya Dessy Mustika, S.H sebagai Lead Asesor menyatakan bahwa hal yang paling penting dalam Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah implementasi. Untuk tercapainya implementasi tersebut kuncinya adalah komitmen, kebersamaan dan kekompakan. Karena Pengadilan yang berhak menyandang sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu adalah Pengadilan yang berhasil mengimplementasikan standar yang telah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dalam kegiatan sehari-hari. Hasil ekspose yang disampaikan oleh Tim Asesor Eksternal PTA Kalimantan Timur bahwa Pengadilan Agama Tanjung Redeb telah melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa temuan tetapi tidak bersifat mayor. Semoga Pengadilan Agama Tanjung Redeb senantiasa menjadi yang terbaik dan harapan dapat tetap mempertahankan predikat "A" excellent. Selanjutnya acara ditutup dengan fhoto bersama. (*sb)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48