Perjanjian Kerjasama Tentang Pertukaran dan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Akurasi Data Perceraian, Perkawinan dan Identitas Kependudukan [08/07/2020]

banner ptaa

 

on . Hits: 27

PENGADILAN AGAMA TANJUNG REDEB, DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DAN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BERAU MENANDATANGANI PERJANJIAN KERJASAMA

 
  

Tanjung Redeb I www.pa-tanjungredeb.go.id

Pelayanan prima merupakan harga mati bagi sebuah satuan kerja yang bersentuhan dengan masyarakat. Begitu pula bagi satuan kerja yang berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam mengimplementasikan Pembangunan Zona Integritas tentu harus dapat menjadi unit kerja pelayanan percontohan (role model) yang bebas dari korupsi dan memberikan pelayanan yang prima.

Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Tanjung Redeb pada hari Rabu tanggal 8 Juli 2020 telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pegadilan Agama Tanjung Redeb, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau dan Kementerian Agama Kabupaten Berau tentang Pertukaran dan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Akurasi Data Perceraian, Perkawinan dan Identitas Kependudukan.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Anisah, S.Pd.I dan pembacaan Basmalah, dilanjutkan dengan pembacaan do'a yang dibawakan oleh Jafar Shodiq, S.HI dan sambutan-sambutan.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Agama Tanjung Redeb dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Diawali sambutan dari Kementerian Agama Kabupaten Berau pada prinsipnya sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap perjanjian kerjasama ini karena ketika para calon mempelai yang akan menikah dari sebelumnya berstatus janda atau duda akan mudah untuk diketahui. Begitu pula terhadap peredaran Akta Cerai palsu yang marak di saat sekarang untuk cepat-cepat menikah sehingga dari pihak Kantor Urusan Agama akan lebih mudah mengidentifikasi dan memastikan sebuah akta cerai itu palsu atau tidak sehingga proses administrasi akan lebih mudah dan lancar.  

Selanjutnya sambutan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau, Bapak David Pamuji, S.STP., M.Si mengemukakan tentang 3 (Tiga) hal yang dianut oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau yakni Kerjasama, Profesional, dan Kenyamanan. Sehingga dengan prinsip tersebut menjadikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau terbuka untuk menerima dan berkolaborasi dengan instansi lain terkait dengan pelayanan prima bagi masyarakat. Dengan demikian akan memberikan nilai tambah bagi kedua pihak yang bekerjasama dan  pada akhirnya akan memudahkan dan memuaskan bagi masyarakat ketika akan mengurus atau menyelesaikan permasalahannya. 

Penyerahan dokumen Perjanjian Kerjasama secara simbolis

Aplikasi Simpenduk yang akan memberikan kemudahan dan kelancaran dalam penerbitan KK dan Pencetakan KTP

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga sangat mengapresiasi tentang kolaborasi yang ditawarkan oleh Pengadilan Agama Tanjung Redeb dengan memerintahkan langsung kepada operator Aplikasi Simpenduk untuk menerangkan tentang bagaimana cara mengoperasikan dan memasukan data terkait perceraian sehingga status dan identitas kependudukan seseorang langsung berubah tanpa menunggu untuk melapor dan mengurusnya sendiri ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berau. Dengan demikian saat seseorang akan mengambil dan menerima Akta Cerai maka secara otomatis orang tersebut akan menerima Kartu Keluarga (KK) yang baru juga Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang baru pula.

Sebagai penutup, di akhir sambutan Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb, Bapak Dr. Rifai, S.Ag., S.H., M.H menyampaikan dan memperkenalkan tentang 11 Aplikasi oleh Badan Peradilan Agama, Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Tanjung Redeb dalam menuju unit kerja Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK). Ketua Pengadilan Agama Tanjung Redeb juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih atas kolaborasinya kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau dan jajarannya atas terealisasinya Perjanjian Kerjasama ini juga kepada Kementerian Agama Kabupaten Berau dan jajarannya. Semoga dengan apa yang telah direncanakan dan disepakati dapat terlaksana dengan baik, lancar dan mudah. Aamiin...(*sb)

Fhoto bersama dengan Keluarga Besar Pengadilan Agama Tanjung Redeb

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48