banner ptaa

 

on . Hits: 40

Walikota Balikpapan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Musholla Pengadilan Agama Balikpapan

Sebagai tahap awal pembangunan Musholla Pengadilan Agama Balikpapan yang bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Balikpapan, dilakukan dengan meletakan batu pertama yang dilakukan oleh Walikota Balikpapan bersama dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur, Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Oktober 2019 sejak pukul 09:00 WITA dihadiri oleh DPRD Balikpapan, Polres Balikpapan, Kantor Kementerian Agama, Pengadilan Negeri Balikpapan, Pengadilan Agama Tenggarong, Pengadilan Militer Balikpapan, MUI Kota Balikpapan, Bank Syariah Mandiri Balikpapan, dan para Pengacara dari Peradi dan KAI Kota Balikpapan.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur, Dr. H. A. Choiri, S.H., M.H. dalam sambutannya : “Pengadilan Agama Kelas I.A. harus memiliki musholla untuk memberikan pelayanan prima secara penuh kepada masyarakat pencari keadilan karena masyarakat yang bersidang di Pengadilan Agama Balikpapan dengan jumlah perkara yang banyak, sehingga persidangan akan selesai hingga sore hari. Sehingga dengan demikian harus disiapkan tempat untuk sholat dan hal ini sejalan dengan Pembangunan Zona Integritas wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pengadilan Agama di Kalimantan Timur.”
Setelah itu Walikota Balikpapan H. M. Rizal Effendi, S.E. dalam sambutannya menyampaikan : “Sangat bersyukur atas penyampaian dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur perihal informasi perubahan-perubahan yg dilakukan Mahkamah Agung dalam rangka pelaksanaan tugas Pengadilan Agama kepada masyarakat, beliau menggambarkan bahwa setiap tahun hampir 5.000 menikah dan sebagian dari jumlah tersebut bercerai, Inilah Balikpapan yang seharunya “Nyaman dihuni, bukan nyaman dicerai”. Kelakar beliau yang membuat para hadirin tertawa.” Selesai memberi sambutan selanjutnya Walikota Balikpapan H. M. Rizal Effendi, S.E., segera bergegas menuju ke tempat pembangunan Musholla Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahiim, Walikota Balikpapan menandai pembangunan Musholla Pengadilan Agama Balikpapan dengan meletakkan batu pertama.

Sebelumnya itu Ketua Pengadilan Agama Balikpapan Drs. H. M. Taufik, S.H., M.H. menceritakan kronologis pembangunan musholla ini berawal dari ketika datang ke Pengadilan Agama Balikpapan dan melihat Musholla yang terletak di belakang Aula Kantor Pengadilan Agama Balikpapan dan tidak terlihat karena terlindung bangunan, sehingga tidak bisa memotivasi untuk sholat berjamaah, akhirnya masing-masing pegawai terkadang sholat di ruangan masing-masing. Oleh karena itu untuk sementara, agar semua pegawai melaksanakan sholat berjamaah, Aula kantor digunakan untuk sholat berjamaah. M. Taufik teringat dan terilhami tausiah dari Prof. Dr. Abdullah Syah, M.A. Rektor IAIN Sumatera Utara diwaktu acara sarasehan zakat dihadapan para bupati dan walikota yang hadir dengan mengutip Q.S. At-Taubah 103 خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
Makna pada ayat tersebut, para ulul amri untuk mengambil zakat para orang yang diwajibkan untuk mereka berzakat, dengan power yang dimilikinya sebagai pimpinan. Dengan terilhami tersebut, Ketua Pengadilan Agama Balikpapan mengajak semua pegawai terutama para hakim untuk berpartisipasi mengifakkan sebagian penghasilannya untuk membangun Musholla ini.
Drs. H. Amir Husin, S.H. selaku Ketua Panitia dalam laporannya menghimbau kepada para undangan yang hadir untuk dapat menyisihkan sebagian hartanya untuk ikut berdonasi membangun musholla ini, bisa melalui transfer atau diserahkan secara langsung, karena bagaimanapun musholla yang akan dibangun dengan ukuran 10 X 7 ini digunakan untuk para pencari keadilan yang beragama Islam. Dengan tekad dan motivasi yg tinggi, kita bentuk infak yang kita sebut dana investasi akhirat untuk membangun rumah di surga.

Dengan mengutip sebuah Hadits “Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya sebesar sarang burung atau lebih kecil, Maka Allah akan bangunkankan baginya rumah di Surga.” (H.R. Ibnu Majah). Mari kita motivasi diri kita sendiri, karena Allah telah memilih kita untuk tergerak Hati kita berdonasi membangun Musholla Pengadilan Agama Balikpapan ini. Segera Ambil kesempatan ini, karena inilah yang dinamakan “Cerdas Beramal” dengan mengirimkan donasi ke Rek. Bank Syariah Mandiri KCP Balikpapan Sepinggan No. 5555550447 a.n. MUSHOLLA P AGAMA BPN. (YR)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor