banner ptaa

 

on . Hits: 45

SIAP MEMBANGUN ZI, INI RANGKAIAN PERSIAPAN YANG DILAKUKAN PA. SENDAWAR

Sendawar I www.pa-sendawar.go.id

Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sudah menjadi tren di lingkungan instansi pemerintah khususnya bagi lembaga penegak hukum, salah satunya Pengadilan.

Pembangunan Zona tersebut, bermula dari diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK). Oleh Mahkamah Agung, Perpres tersebut ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 58/KMA/SK/III/2019 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) Pada Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya. Di lingkungan Badan Peradilan Agama, KMA tersebut diteruskan oleh Dirjen Badilag dalam bentuk Surat Keputusan Dirjen Badilag Nomor 261 tahun 2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Lingkungan Peradilan Agama.

Di sela-sela kegiatannya, ketika ditemui Tim Redaksi PA. Sendawar, Ketua Pengadilan Agama Sendawar Yang Mulia Bapak A. Rukip, S.Ag. menyatakan bahwa dalam menyikapi gencarnya program Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan di mahkamah Agung khususnya Badan Peradilan Agama, Pengadilan Agama Sendawar harus menyikapinya dengan positif. Sebagai Satuan Kerja yang belum berusia satu tahun, yang penuh dengan keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya manusia, Pengadilan Agama harus bisa berlari beriringan dengan pengadilan lain yang telah lebih dahulu berdiri, yang relatif lebih lengkap sarana prasarana dan sumber daya manusianya. Menurutnya, pembangunan Zona Integritas merupakan “gawe” besar, terlebih bagi Pengadilan Agama Sendawar sebagai Pengadilan yang masih berusia belia, namun dengan semangat dan kebersamaan seluruh komponen Pengadilan Agama Sendawar, beliau yakin bahwa Pengadilan Agama Sendawar yang berIntegritas, Bebas dari Korupsi, Birokrasi Bersih dan Melayani dapat terbangun.

“Zona Integritas itu tantangan bagi kita, kita tidak bisa menghindar, itu tuntutan. Pengadilan Agama Sendawar yang masih belia ini harus bisa sebanding dengan Pengadilan lain yang terlebih dahulu lahir, yang sarana dan SDMnya jauh lebih memadai. Saya yakin dengan semangat dan kebersamaan teman-teman semua, Zona Integritas dapat terbangun di Pengadilan Agama Sendawar”. Pungkas pria yang piawai dalam bermain tenis lapangan ini.

Dalam menuju Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), inilah yang telah dan akan dilakukan Pengadilan Agama Sendawar:

1. Kamis, 19 September 2019, di ruang sidang Pengadilan Agama Sendawar telah dilakukan sosialisasi, menyamakan persepsi, membangun komitmen dan pembentukan Tim dan pembentukan panitia pencanangan Zona Integritas Pengadilan Agama Sendawar.

WhatsApp Image 2019 10 03 at 15.57.462. Rabu, 02 Oktober 2019, telah dilakukan audiensi dengan Bupati dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kutai Barat untuk menyatukan persepsi dan memohon menjadi saksi dalam pencanangan Pembangunan ZI.

WhatsApp Image 2019 10 03 at 15.57.4513. Kamis, 03 Oktober 2019, bertempat di ruang sidang pengadilan Agama Sendawar telah dilakukan rapat persiapan oleh Panitia Pencanangan Pembangunan ZI.

WhatsApp Image 2019 10 03 at 15.57.454. Jum’at, 18 Oktober 2019, akan dilakukan rapat finalilasi persiapan Pencanangan Pembangunan ZI oleh Panitia.

5. Selasa, 22 Oktober 2019, akan dilakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di gedung Pengadilan Agama Sendawar dengan mengundang Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kutai Barat dan tokoh masyarakat Kutai Barat.

Zona Integritas Siap!!!!!!

Pengadilan Agama Sendawar OK!!!!!

Gun & Tim Red PA.Sdw

Posted oleh Andra.P.K, A.Md.S.Kom

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor