banner ptaa

 

on . Hits: 92

SEMAKIN KOMPAK, BERSAMA-SAMA, PENGADILAN AGAMA SENDAWAR DAN

PENGADILAN NEGERI KUTAI BARAT SOSIALISASIKAN PERMA NOMOR 1 TAHUN 2019

se

Untuk kesekian kalinya Pengadilan Agama Sendawar dan Pengadilan Negeri Kutai Barat bersinergi melakukan kegiatan secara bersama-sama. Kali ini kedua lembaga peradilan yang dinaungi Mahkamah Agung namun hanya berbeda kamar tersebut mensosialisasikan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik (28/08/2019).
Bertempat di aula Pengadilan Negeri Kutai Barat, acara yang diiukuti secara antusias tersebut, dihadiri oleh Advokat yang berada di Kutai Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Kutai Barat, perwakilan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan perwakilan Badan Hukum yang ada di Kabupaten Kutai Barat. Bahkan bebarapa penanya berharap pihak pengadilan dapat membantu proses registrasi dan semoga pada tahun 2020 E Litigasi segera dapat diimplementasikan khususnya di Pengadilan Agama Sendawar dan Pengadilan Negeri Kutai Barat.

s2


Seperti diketahui, pada tanggal 06 Agustus 2019, Mahkamah Agung Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik, sebagai penyempurnaan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik yang sebelumnya hanya terbatas pada e-Filing (Pendaftaran), e-Payment (Pembayaran dan e-Summons (Pemanggilan), kemudian dalam peraturan terbaru ini disempurnakan dengan e-Litigasi (Persidangan).

Saat ini, Seluruh pengadilan yang berada di bahwa mahkamah Agung telah menerapkan E-Court yang terbatas pada e-Filing (Pendaftaran), e-Payment (Pembayaran dan e-Summons (Pemanggilan). Untuk E-Litigas Mahkamah Agung telah melakukan uji coba dengan menunjuk 13 Pengadilan sebagai Pengadilan Percontohan, 6 Peradilan Umum yakni Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Pengadilan Negeri Surabaya, Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Pengadilan Negeri Makassar dan Pengadilan Negeri Palangkaraya. 4 Peradilan Agama yaitu Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Pengadilan Agama Jakarta Barat, Pengadilan Agama Jakarta Timur dan Pengadilan Agama Surabaya. 3 Peradilan Tata usaha Negara yaitu Pengadilan Tata Negara Banda aceh, Pengadilan Tata Usaha Negara Gorontalo dan Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar.

s3

Dalam pidato Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Ke-74 tanggal 19 Agustus 2019, Ketua Mahkamah Agung yang Mulia Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, S.H., M.H. menyatakan bahwa “pada saat matahari pertama kali terbit ditahun 2020, e-litigasi ini dapat diterapkan oleh seluruh pengadilan tingkat pertama di Indonesia”.

- Penulis oleh Gunawan, S.H.I.

- Posting oleh A.Prawira. K, A.Md.S.Kom.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor