banner ptaa

 

on . Hits: 114

“Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim” di Pengadilan Agama Balikpapan

PA Balikpapan | www.pa-balikpapan.go.id

Pengadilan Agama Balikpapan menyelenggarakan acara buka puasa bersama anak yatim dengan tema “Saling Berbagi di Bulan Yang Penuh Keberkahan” pada hari Selasa, 14 Mei 2019. Acara yang diselenggarakan di aula kantor Pengadilan Agama Balikpapan dihadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan, serta mengundang anak yatim dari “Asrama Yatim dan Dhuafa” yang berada di sekitar kantor Pengadilan Agama Balikpapan, Pegawai Pensiunan Pengadilan Agama Balikpapan, dan tampak hadir pimpinan Bank Syariah Mandiri Balikpapan serta Pimpinan PT. Pos Balikpapan, karena dengan diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Pengadilan Agama Balikpapan, Bank Syariah Mandiri dan PT. Pos Balikpapan menjadi keluarga besar Pengadilan Agama Balikpapan. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar pegawai serta tanggung jawab sosial yaitu dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Selain memberikan santunan kepada anak yatim, Para Pegawai dan Undangan mendapatkan Siraman Rohani yang disampaikan oleh Ibu Dra. Hj. Rusinah, M.H.I., Hakim Pengadilan Agama Balikpapan. Beliau : mengutip Q.S Al-Baqarah : 183 yang intinya “Puasa adalah kewajiban bagi kita semua, dengan tujuan untuk meraih Taqwa. Ibadah puasa diwajibkan oleh Allah SWT pada tahun ke 2 sejak Nabi Muhammad hijrah dari Mekkah ke Madinah, dimana pada waktu itu Nabi Muhammad membawa masyarakat muslim ke Madinah yang berbarengan dengan serangan oleh kaum kafir Quraisy. Pada saat itu Nabi Muhammad dan rombongan sedang dalam keadaan berpuasa, haus, lapar yang Nabi rasakan pada waktu itu di medan perang tersebut tidak sebanding dengan apa yang kita rasakan sekarang. Tujuan Taqwa bagi orang berpuasa, sehingga membentuk sebuah jiwa yg takut kepada Allah dan melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. Beruntunglah orang yang bertaqwa, bahkan di akhirat nanti ada Pengemis yaitu para ahli neraka. Mereka meminta kepada para ahli surga, kenikmatan yang ada di dalam Surga, Sesungguhnya yg ada di dalam surga diharamkan oleh Allah bagi orang2 yg kafir.”

Rangkaian acara kegiatan Buka Puasa Bersama ini mengajarkan kita untuk peduli kepada sesama dan saling bersilaturahim keluarga besar Pengadilan Agama Balikpapan. Kegiatan yang dirangkai dengan Sholat Maghrib berjamaah yang dipimpin oleh M. Thaberabie, S.H.,M.H.I. Hakim Pengadilan Agama Balikpapan diikuti oleh seluruh jamaah yang hadir dan dilanjutkan dengan makan bersama dan ramah tamah keluarga besar Pengadilan Agama Balikpapan. (YR)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor