banner ptaa

 

on . Hits: 83

Semarak Ramadhan 1440 H di Pengadilan Agama Balikpapan

Balikpapan | www.pa-balikpapan.go.id

Semarak Ramadhan 1440 H merupakan semangat Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan untuk menyongsong Bulan Ramadhan dalam rangka menyucikan diri, membersihkan jiwa dan raih ridho Ilahi. Kegiatan amaliah Ramadhan yang dilaksanakan sejak 6 Mei 2019 atau bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1440 H diawali dengan Sholat Dzuhur berjamaah setiap hari Senin s.d Kamis yang dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an dengan target masing-masing pegawai “One Day One Juz”. Ketua Panitia amaliah Ramadhan 1440 H, Drs. H. Abdul Manaf menekankan kepada seluruh pegawai untuk bisa berpartisipasi dalam memanfaatkan bulan yang penuh dengan keberkahan ini dengan mengikuti seluruh rangkaian yang menjadi agenda bulan Ramadhan tahun ini.

Selain Sholat Dzuhur Berjamaah dan Tadarus Al-Qur’an yang diselenggarakan setiap hari Senin s.d Kamis, pada setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan diselenggarakan Ceramah Agama. Seluruh Pegawai sebelum beraktifitas mendapatkan siraman rohani dimulai pukul 08:00 WITA. Mengawali Jum’at di bulan Ramadhan, Ketua Panitia Drs. H. Abdul Manaf menyampaikan ceramahnya dengan tema “Dahsyatnya sebuah Do’a”. inti dari ceramah beliau ini adalah “Do’a yang paling afdhol adalah do’a ketika di waktu sholat, dan bermohon kepada Allah untuk diberikan sesuatu yang baik, dihindarkan dari yang tidak baik dan berharap kepada Allah serta merasa membutuhkan Allah”.

Allah SWT dibulan suci Ramadhan ini membuka seluas-luasnya pintu keberkahan dengan melipatgandakan pahala disetiap amaliah-amaliah yang menjadi program prioritas dibulan suci Ramadhan ini di Pengadilan Agama Balikpapan seperti, Sholat berjamah, Tadarus Al-Qur’an, Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim. Bulan Ramadhan sebagai Syahrut Tarbiyah dimanfaatkan Pengadilan Agama Balikpapan untuk belajar membaca Al-Quran dengan hukum tajwid yang benar. Pembelajaran ilmu Tajwid yang dibimbing oleh Bpk. M. Thaberanie, S.H., M.H.I. diselenggarakan setelah ceramah agama.

Pembelajaran Ilmu tajwid yang mempunyai makna membaca Al-Quran dengan baik dan benar, dengan beberapa hukum cara membaca Al-Qur’an seperti Idzhar, Idgham, Iqlab, Ikhfa dan Qalqalah dijelaskan dengan contoh-contoh dari ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an. Dengan ucapan Alhamdulillah, Pengadilan Agama Balikpapan di bulan suci Ramadhan tahun ini dapat menyemarakkan kegiatan amaliah-amaliah yang Insya Allah kami dapat menangkap makna yang sangat penting telah dipertemukan dengan Ramadhan 1440 H dan selalu berdo’a agar Allah SWT menerima puasa yang telah dilaksanakan dan memberikan kekuatan untuk melaksanakan puasa yang akan datang. Aamiin (YR).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor