Komitmen Layanan Yang Berkeadilan Bagi Semua, PA Bontang Launching Inovasi SIDISWANA dan Aksesibilitas Bagi Penyandang Buta Warna dan Disleksia

banner ptaa

 

on . Hits: 43

Komitmen Layanan Yang Berkeadilan Bagi Semua, PA Bontang Launching Inovasi SIDISWANA dan Aksesibilitas Bagi Penyandang Buta Warna dan Disleksia

Bontang, Senin (23/05) – Bertempat di Media Center Pengadilan Agama Bontang, Ketua Pengadilan Agama Bontang H. Samad Harianto, S.Ag., M.H., launching 2 (dua) inovasi yakni Sistem Informasi Disabilitas, Wanita, dan Anak (SIDISWANA) dan Modul Aksesibilitas Bagi Penyandang Buta Warna dan Disleksia.

LAUNCHING INOVASI AKSESIBILITAS BUTA WARNA DISLEKSIA DAN SIDISWANA

Hadir dalam launching inovasi ini Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Bontang.

Launching inovasi ini merupakan salah satu wujud reformasi birokrasi dan akuntabilitas Pengadilan Agama Bontang kelas II, yakni dengan adanya peningkatan pemanfaatan teknologi informasi yang semakin masif di dalam pengelolaan sistem kerja satuan kerja (penerapan e-office).

2 Inovasi yang dilaunching ini merupakan Inovasi yang lahir dari rangkaian kegiatan Pelatihan Dasar CPNS di Mahkamah Agung RI, yang dalam hal ini adalah Norma Ayu Anggraini, A.Md. (CPNS Pranata Arsiparis) dan Novrizki Primananda, S.Kom.

Dalam membentuk ASN yang profesional, maka semua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diberikan pembekalan melalui Pelatihan Dasar sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) No. 10 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Melalui kegiatan Pelatihan Dasar ini, CPNS diharapkan dapat berperilaku dengan baik dalam bela negara dan menjalankan nilai-nilai dasar ASN yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (BerAKHLAK). CPNS juga diharapkan dapat menyadari pentingnya Manajemen ASN dan Smart ASN.

Untuk mengimplementasikan pembelajaran yang telah dilakukan pada Pelatihan Dasar CPNS tersebut, perlu diaktualisasikan pada kegiatan Habituasi di satuan kerja.

Sistem Informasi Disabilitas, Wanita, dan Anak (SIDISWANA) merupakan portal khusus yang berisi tentang informasi layanan untuk kaum DISWANA dengan harapan dapat membantu pengunjung website yang memiliki keterbatasan fisik ataupun kaum perempuan dan anak untuk dapat memperoleh informasi layanan berperkara yang tersedia pada portal khusus website resmi Pengadilan Agama Bontang.

Modul Aksesibilitas Bagi Penyandang Buta Warna dan Disleksia merupakan modul yang dapat mengatur kontras, warna, bentuk, dan ukuran tulisan yang diharapkan dapat membantu pengunjung website yang buta warna ataupun disleksia untuk dapat menikmati informasi yang selama ini sudah tersedia pada situs web resmi Pengadilan Agama Bontang seperti layaknya pengunjung lain tanpa kekurangan tersebut

Lahirnya 2 (dua) Inovasi ini diharapkan tidak hanya menjadi formalitas aktualisasi bagi CPNS Pengadilan Agama Bontang, akan tetapi dapat betul-betul memberikan manfaat bagi kaum rentan (Penyandang Disabilitas, Perempuan dan Anak). (AFSM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48