Siap Tingkatkan Kualitas Putusan, Hakim PA Bontang Ikuti Sosialisi Pelaksanaan E-Eksaminasi Oleh Badilag Secara Daring

banner ptaa

 

on . Hits: 32

Siap Tingkatkan Kualitas Putusan, Hakim PA Bontang Ikuti Sosialisi Pelaksanaan E Eksaminasi Oleh Badilag Secara Daring

Bontang, Jum’at (20/05) Bertempat di Media Center Pengadilan Agama Bontang, Ketua PA Bontang H. Samad Harianto, S.Ag., M.H., serta seluruh Hakim PA Bontang, ikuti Sosialisasi Pelaksanaan E Eksaminasi oleh Badilag secara daring.

SOSIALISASI E EKSAMINASI BADILAG

Menjadi peserta dalam kegiatan sosialiasi e Eksaminasi ini seluruh seluruh Hakim pada Pengadilan Agama tingkat pertama seluruh Indonesia.

Membuka kegiatan secara resmi Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., yang mengawali sambutannya dengan menyampaikan minal aidzin dan faizin serta menyampaikan ucapan selamat menajalankan hari raya idul fitri.

Melanjutkan penyampaiannya, Dirjen Badilag menyampaikan tujuan adanya pelaksanaan e eksaminasi yang antara lain adalah meningkatkan kemampuan teknis yudisial Hakim, pemetaan tenaga teknis serta sebagai bahan promosi dan mutasi bagi Hakim.

Dirjen Badilag juga menekankan bagi seluruh Hakim bahwa tujuan utama dari peningkatan kualitas putusan hakim ini adalah dalam rangka mencapai peradilan agama yang excelent dan modern.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi e eksaminasi oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag, yang dalam sosialiasinya menjelaskan berkenaan aspek penilaian dalam eksaminasi yang meliputi penerapan  hukum materil, penerapan hukum formil, minutasi dan pemberkasan, penerapan asas sederhana cepat dan biaya ringan serta manajemen perkara.

Dalam penyampaiannya juga Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama menyampaikan berkenaan teknis dan jadwal pelaksanaan e eksaminasi.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penjelasan terkait teknis penggunaan aplikasi e eksaminasi dalam aplikasi simtalak serta tanya jawab bagi seluruh peserta sosialiasi.

Dengan mengikuti Sosialisasi Pelaksanaan E Eksaminasi oleh Badilag ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas Hakim Pengadilan Agama Bontang.(AFSM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48