Pengadilan Agama Tenggarong Kembali Gelar Sidang Keliling di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. [05/11/2021]

banner ptaa

 

on . Hits: 36

Pengadilan Agama Tenggarong Kembali Gelar Sidang Keliling di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

pic patgr 05112021 2

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id

Jum’at (05/11/2021) Pengadilan Agama (PA) Tenggarong kembali mengadakan sidang keliling di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sidang keliling kali ini pun dipusatkan di Balai Pertemuan Umum Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu ini diikuti oleh 3 orang hakim, 3 orang panitera pengganti, dan 3 orang pegawai teknis dari Pengadilan Agama Tenggarong. Tim sidang keliling kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Tenggarong, Hj. Nurul Hikmah, M.H

Keberangkatan sembilan orang pegawai Pengadilan Agama Tenggarong tersebut atas dasar surat tugas dari Ketua Pengadilan Agama Tenggarong Nomor: W17-A3/2173/KP.01.1/XI/2021, tanggal 01 November 2021 yang menunjuk sembilan tersebut di atas untuk melaksanakan tugas sidang keliling di Desa Jonggon.

Sebagaimana sidang keliling yang dilaksanakan pada hari Selasa, 02 November 2021, pada sidang kali ini pun bertempat di Desa Jonggon yang berjarak sekitar 50 km dari kantor Pengadilan Agama Tenggarong dan memakan waktu selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Walaupun kondisi jalan yang sebagian rusak sehingga mengakibatkan harus berhati-hati dalam melintasinya, namun tidak menyurutkan semangat para pegawai Pengadilan Agama Tenggarong dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan amanah yang telah diemban.

Setibanya di lokasi yaitu Balai Pertemuan Umum Desa Jonggon, rombongan Pengadilan Agama Tenggarong disambut antusias oleh aparat Desa Jonggon. Para pihak berperkara pun sudah memenuhi sekitar halaman Balai Pertemuan Umum Desa Jonggon. Jumlah perkara yang akan disidangkan pada jum’at ini sekitar 29 perkara permohonan isbat nikah.

Melihat jumlah yang cukup banyak tersebut, tidak menyebabkan mereka melalaikan protokol kesehatan, namun mereka tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap perkara yang akan disidangkan pada hari ini, Wakil Ketua PA Tenggarong, Hj. Nurul Hikmah, M.H memberikan edukasi tentang pentingnnya melakukan pencatatan perkawinan sebagai salah satu peristiwa penting dalam kehidupan manusia.

pic patgr 05112021 3

“Pencatatan perkawinan merupakan hal penting yang harus dilakukan ketika seseorang laki-laki dan perempuan melakukan perkawinan. Karena banyak sekali dampak negatif muncul apabila tidak mencatatkan perkawinan kita, terutama terhambatnya dalam pengurusan administrasi seperti kartu keluarga, kartu tanda penduduk, paspor, dan lain sebagainya terutama pendidikan anak, jangan karena perbuatan kita tersebut (nikah siri) berakibat anak-anak kita kelak tidak mendapatkan akses pendidikan”, ucap Wakil Ketua Pengadilan Agama Tenggarong (05/02/2021)

pic patgr 05112021 4

Setelah selesai melakukan pemeriksaan terhadap para pihak dalam sidang keliling tersebut, hasil pemeriksaan berupa Salinan Penetepan langsung diberikan kepada para pihak oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Tenggarong kepada aparat Desa Jonggon secara simbolis yang akan diteruskan kepada para pihak yang berperkara pada hari ini.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Tenggarong kembali mengingatkan agar tidak ada lagi keluarga dari para peserta sidang kali yang melakukan perkawinan dibawah tangan, perkawinan haruslah dilaksanakan dan dicatatkan pada lembaga pencata nikah yang disediakan oleh pemerintah seperti Kantor Urusan Agama (KUA). Semoga dengan adanya program sidang keliling Pengadilan Agama Tenggarong ini dapat memberikan pelayanan hukum yang hakiki sejalan dengan asas sederhana, cepat dan biaya ringan. (RI/Tgr)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48