PA Bontang Hadiri Purnabakti Hakim Agung Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. Secara Virtual

banner ptaa

 

on . Hits: 17

PA Bontang Hadiri Purnabakti Hakim Agung Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. Secara Virtual

 

Purnabakti

Senin (11/10/2021), Ketua Pengadilan Agama (PA) Bontang, H. Samad Harianto, S.Ag., M.H. didampingi Wakil Ketua PA Bontang, Nor Hasanuddin, Lc., M.A. bersama seluruh jajaran PA Bontang menghadiri acara purnabakti Hakim Agung Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. secara virtual.

Acara purnabakti Hakim Agung Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. ini terlaksana sesuai undangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama RI Nomor: 3472/DjA/HM.00/10/2021 tertanggal 08 Oktober 2021, perihal Undangan Pembinaan dan Pelepasan Purnabakti Secara Virtual.

Dalam sambutannya, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. menyampaikan ucapan terima kasih atas bakti dan kontribusi Yang Mulia Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. selama berkarir menjadi hakim hingga menjadi hakim agung pada Mahkamah Agung RI.

Dia juga berpesan, meski Yang Mulia Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. telah pensiun sebagai hakim agung, namun kontribusi dan sumbangannya di dunia peradilan tetap dinanti di peradilan agama. Hal ini mengingat beliau salah seorang hakim agung yang sangat produktif dalam menulis buku yang diedarkan secara nasional.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama menjadi hakim hingga menjadi hakim agung pada Mahkamah Agung. Dia juga berharap agar beliau bahagia bersama keluarga dalam menjalani masa-masa pensiun ini.

Dalam pidato purnabaktinya, Yang Mulia Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. menceritakan rahasia suksesnya dalam menempuh karir sebagai hakim di peradilan agama. Prinsipnya tujuan hidup itu adalah mengejar keberkahan hidup. Motonya adalah hidup berkah dan berprestasi. Berkah adalah bermanfaat dan berpahala. Berprestasi adalah terus beramal yang produktif dan bermakna.

Beliau menegaskan bahwa tanggung pengadilan agama sebagai peradilan syariat Islam antara lain adalah memberikan perlindungan hukum dan keadilan bagi para pihak, sedangkan tugas sejati pengadilan agama adalah menyelesaikan masalah tanpa menyisakan masalah apalagi menambah masalah sehingga pihak yang berhak berhasil dengan mudah memperoleh apa yang menurut Nurani keadilan menjadi haknya.

Pesannya adalah hakim peradilan agama harus bertindak solutif dan visioner. Solutif bermaksud hakim wajib menyelesaikan masalah tanpa menyisakan masalah sedangkan visioner adalah hakim harus memiliki visi ke depan agar peradilan agama mampu memenuhi perkembangan kebutuhan hukum dan keadilan berdasarkan hukum Islam.

Di akhir acara, Ketua PA Bontang juga berharap agar seluruh warga badan peradilan agama selalu menteladani prestasi yang ditorehkan oleh Yang Mulia Dr. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum. “Mari kita teladani figur dan prestasi Yang Mulia Mukti Arto”, ujar Samad Harianto saat dihubungi Tim Redaksi di ruang kerjanya, (11/10/2021) [NH/Botg]

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48