banner ptaa

 

on . Dilihat: 395

PA Tenggarong Melakukan MOU dengan Kemenag Kutai Kartanegara Dalam Penerapan Aplikasi SI PESUT

pic patgr 09092021 1

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id

Kamis (09/09/2021) Pangadilan Agama (PA) Tenggarong melakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Kementrerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam penerapan aplikasi SI PESUT (Sistem Informasi Petikan Salinan Putusan).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor Kemenag Kutai Kartanegara pada pukul 11:00 Wita yang dihadiri oleh kepala kemenag kukar beserta kepala kantor urusan agama (KUA) di wilayah kabupaten kukar. Sedangkan dari PA Tenggarong dihadiri oleh ketua PA Tenggarong, Rusdiana, S.Ag.,MH, wakil ketua PA Tenggarong, Hj. Nurul Hikmah, S.Ag.,MH, Panitera PA Tenggarong, Muhammad Yusuf, S.H., dan Kasubag IT, Agusriansyah, S.Kom.

pic patgr 09092021 2

SI PESUT sendiri merupakan salah satu inovasi dari PTA Samarinda dalam memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses petikan salinan putusan pengadilan agama di wilayah hukum PTA Samarinda. Selain SI PESUT, salah satu inovasi PTA Samarinda yang dipresentasikan dalam kegiatan ini adalah SIP-PASTI (Sistem Informasi Perkara Peradilan Agama, Simple dan Terintegrasi), dalam aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti validasi akta cerai, prosedur berperkara, jadwal siding dan lain sebagainya.

pic patgr 09092021 3

Selain penerapan aplikasi dari PTA Samarinda, PA Tenggarong pun mempresentasikan salah satu inovasinya yaitu PTSP Online yang dapat diakses pada lama bit.ly/ptsponlin3. Inovasi tesebut dapat menjawab tantangan saat ini yang masih mewabahkannya pandemi covid-19. Dengan adanya PTSP Online, masyarakat dapat melakukan konsultasi hukum secara online dengan petugas pengadilan dengan 3 jenis fitur yakni video call, voice call, dan chating.

pic patgr 09092021 4

Dengan adanya inovasi-inovasi tersebut, semoga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mencari keadilan di pengadilan agama. Dan tentunya pula Kemenag maupun KUA sebagai rekan sejalan dengan pengadilan agama, dengan adanya inovasi aplikasi tersebut dapat mempermudah koordinasi antara keduanya. [RI/Tgr]

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48