Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Pada PTA Samarinda Secara Daring [06/11/2020]

banner ptaa

 

Written by Super User on . Hits: 63

DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

PADA PTA SAMARINDA SECARA DARING

 Samarinda | 6/11/2020

            Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menunju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Nasional yaitu oleh Kemenpan RB kepada Satker Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda telah dilaksanakan secara daring tepatnya dimulai jam 9.00 WITA sampai dengan jam 10.30 WITA pada hari Jumat tanggal 6 November 2020. Pelaksanaaan Desk Evaluasi secara daring kepada satker PTA Samarinda merupakan kegiatan penilaian terhadap Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.

            Bardasarkan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor B/158/PW.3/2020 Tentang Pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas, Pengadilan Tinggi Agama Samarinda termasuk salah satu satker yang diusulkan satker berpredikat Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani yang sebelumnya PTA samarinda telah menyandang predikat Wilayah Bebas Korupsi Edaran akan diadakan Desk Evaluasi Zona Integritas. Demikian pula berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya, PTA Samarinda adalah salah satu satker calon berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani akan diadakan Desk Evaluasi oleh Tim Penilai Nasional Zona Integritas yang dalam hal ini penilaian dilaksanakn oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) pada Tanggal 6 Nopemeber 2020.

            Acara Desk Evaluasi tersebut dimulai dengan presentasi berupa pemaparan oleh Ketua PTA Samarinda Drs. Sukiman BP, S.H., M.H. tentang apa saja yang telah dilakukan Pengadilan Tinggi Agama Samarinda pada 6 (enam) Area Zona Integritas, Ketua PTA juga memaparkan peningkatan pelayanan kepada stakeholder, inovasi pelayanan, fasilitas layanan serta perubahan pola pikir dan budaya kerja pada PTA Samarinda.

            Selanjutnya usai presentasi tersebut, Tim Penilai Nasional mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar Pembangunan Zona Integritas pada PTA Samarinda yang ditujukan kepada Ketua PTA Samarinda yang selanjutnya Ketua PTA dengan cepat dan jelas menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan TIM Penilai dibantu oleh Ketua TIM Zona Integritas PTA Samarinda yaitu Drs. H. Abdullah, S.H., M.H. yang sekaligus sebagai Wakil Ketua PTA samarinda.

            Dalam kesempatan tanya jawab tersebut, Tim Penilai bertanya kepada Ketua PTA. Yang salah satu pertanyaannya yaitu “Bagaimana kiat Bapak dalam membangun Zona Integritas pada PTA samarinda ? yang dijawab dengan jelas dan tegas “Bahwa PTA samarinda berkomitmen dari unsur Pimpinan sebagai Role Model dan Para Hakim Tinggi, seluruh pejabat struktural dan fungsional serta PPNPN pada PTA Samarinda untuk mensukseskan Zona Integritas dengan merealisasikan kegiatan 6 Area Zona Integritas yaitu Managemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Managemen, Penataan Sistem Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. dari ke enam area tersbut PTA Samarinda berorientasi pada kualitas pelayanan yang bebas korupsi. “ Imbuh Sukiman.

            Selesai presentasi dan Tanya jawab dari Tim Penilai Nasional (TPN) tersebut, selanjutnya TPN memberikan arahan bahwa TPN bukan saja berperan sebagai assessment tetapi juga sebagai assistance yang dapat memberikan pengarahan bahwa setelah memperhatikan pemaparan Ketua PTA Samarinda tersbut dari TPN berharap untuk meningkatkan lagi inovasi inovasi yang berorientasi kepada hasil.

            Selesai TPN memberikan arahan tesebut, Ketua PTA menutup dengan ungkapan bahwa PTA Samarinda menyadari masih ada kekurangan tetapi kami bertekad dan bekerja keras untuk selalu meningkatkan pelayanan yang bebas korupsi. Ujar Pak Sukiman mengahiri acara dimaksud;

            Acara Desk Evaluasi selesai ditutup oleh Tim TPN dengan mempersilahkan Pimpinan PTA dan Tim Zona Integritas PTA samarinda meninggalkan ruang zoom meeting acara Desk Evaluasi Zona Integritas.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48