Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada PTA Kalimantan Timur [06/10/2020]

banner ptaa

 

Written by Admin2 on . Hits: 40

RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN PADA PENGADILAN TINGGI AGAMA KALIMANTAN TIMUR

 berita RTM1

            Bertempat di Aula Utama Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur tepatnya pukul 09.00 WITA pada hari Selasa Tanggal 6 Oktober 2020 telah dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) pada PTA Kaltim yang dipimpin langsung oleh Ketua Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Bapak Drs. H. Abdullah, S.H., M.H. yang juga sebagai Wakil Ketua PTA Kaltim. Hadir pada acara tersebut Top Management APM Bapak Drs. Sukiman BP, S.H., M.H. yang juga selaku Ketua PTA Kaltim, Sekretaris dan Para Penanggung Jawab APM serta Para Assesor Internal yaitu Para Hakim Tinggi dan seluruh Pejabat struktural dan Fungsional PTA Kaltim;

            Pelaksanaan Rapat Tinjauan Managemen merupakan evaluasi formal yang dilakukan oleh managemen puncak terhadap efektifitas dan Improvement sistem mutu, dalam hubungannya dengan kebijakan organisasi dan tujuan yang telah di tetapkan. Pelaksananan Rapat Tinjauan Manajemen oleh PTA Kaltim setelah dilaksanakannya telusur dokumen oleh Tim assessor internal bertujuan untuk menindaklanjuti hasil temuan Tim Assesor yang selanjutnya untuk dipersiapkan Observasi Dokumen secara menyeluruh yang akan dilaksanakan oleh TIM assessor Eksternal.

            Mengawali kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen tersebut secara bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne Mahkamah Agung serta pembacaan 8 (delapan) Nilai-nilai Utama Mahkamah Agung RI oleh seluruh peserta Rapat tersebut.

            Drs. Sukiman BP, S.H., M.H. selaku Ketua PTA Kaltim yang sekaligus sebagai Top Management pada struktur APM mengemukakan dalam sambutannya bahwa ditengah pandemi Covid-19 ini, saya berharap dan berdoa agar kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. sehingga kita dapat beraktifitas seperti biasa, yang diamini peserta rapat. Selanjutnya Ketua PTA Kaltim mengharapkan agar setiap hasil temuan Tim Assesor internal segera ditindak lanjuti, agar APM dapat berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan pada sistem APM, lebih jauh dari itu kita persiapkan dalam rangka observasi Dokumen APM oleh TIM Assesor eksternal. “Untuk itu semua harus ada koordinasi“. Imbuh Ketua PTA Kaltim mengakhiri sambutannya .

berita RTM2

 

            Sementara itu, Wakil Ketua PTA Kaltim Drs. H. Abdullah, SH., MH. Selaku Ketua APM menyampaikan bahwa RTM ini merupakan sarana untuk menindaklanjuti hasil temuan dari Assesor Internal, kemudian setelah ditindaklanjuti, akan dilakukan observasi oleh TIM Assesor Eksternal, selanjutnya Drs. H. Abdullah, SH., MH. mengemukakan bahwa agenda Rapat Tinjauan Managemen (RTM) ini ada beberapa agenda yang harus dibahas dan ditindaklanjuti yaitu :

  1. Hasil assesmen dari Tim Komite APM tahun 2019, apakah sudah ditindaklanjuti;
  2. Tindak lanjut Hasil Assesmen Internal;
  3. Tindak lanjut Survey Kepuasan Masyarakat;
  4. Tentang sasaran Mutu PTA Kaltim ;
  5. Monitoring dan Evaluasi Sasaran Mutu Tahun 2019;
  6. Risk Register Tahun 2019 dievaluasi, apabila masih digunakan dan tidak ada perubahan dapat diterapkan pada risk register tahun 2020;
  7. Mungkin ada Resiko yang sudah diidentifikasi terjadi dan telah diterbitkan Corrective Preventive Action Request (CPAR), ini perlu korektif;

Setelah menyampaikan beberapa agenda pada rapat RTM, Ketua APM tersebut mengingatkan kepada seluruh penanggung jawab APM agar dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan melengkapi dokumen-dokumen sebagaimana pada Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang telah ditetapkan dan menyempurnakannya, sehingga managemen Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) pada PTA Kaltim berjalan dengan baik dan dapat mempertahankan nilai “ A Excellent “.

Selanjutnya dari agenda RTM yang telah dipaparkan tersebut, satu persatu dibahas oleh Ketua APM dengan cara mengevaluasi dan bertanya langsung kepada masing-masing penanggung jawab APM PTA Kaltim, serta mengintruksikan kepada para Penanggung jawab apa saja dokumen maupun sarana prasana penunjang kinerja yang berkaitan kelengkapan APM mohon ditindaklanjuti oleh masing-masing bagian dan bidangnya.” Imbuh Drs. H. Abdullah, SH., MH. mengahiri RTM tersebut.

Usai pembahasan agenda RTM selesai dan tuntas, Acara Rapat Tinjauan Manajemen ditutup dengan pembacaan doa oleh Hakim Tinggi Drs. H. Ilham Mushaddaq, SH., M.H. dan selanjutnya ditutup dengan pembacaan Hamdalah.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48