Pembinaan Teknis Yustisial Dan Pembinaan Serta Pengawasan Melalui Virtual Meeting [26/06/2020]

banner ptaa

 

Written by Super User on . Hits: 164

PEMBINAAN TEKNIS YUSTISIAL DAN PEMBINAAN SERTA PENGAWASAN MELALUI VIRTUAL MEETING

Samarinda | 26/06/2020

Direktorat Badan Peradilan Agama kembali menyelenggarakan pembinaan berkaitan Teknis Yustisial dengan materi Permasalahan Ekonomi Syariah yang disampaikan YM. Hakim Agung Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum. tepat jam10.00 WITA pada hari Jumat tanggal 26 Juni 2020 secara virtual meeting dengan peserta para Ketua Pengadilan Tinggi Agama dan beberapa Ketua Pengadilan Agama di Indonesia.

Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dalam acara pembukaan pembinaan tersebut menyampaikan bahwa Ditjen Badilag selalu berusaha agar program kerja Ditjen Badilag tetap berjalan di saat meskipun kondisi Covid-19. Hal ini bentuk komitmen Badilag untuk meningkatkn pelayanan kepada masyarakt dengan meningkatkan kualitas putusan dan profesionalitas para Hakim.

Selanjutnya Aco Nur mengingatkan agar inovasi-inovasi dari Ditjen Badilag diimplementasikan agar pelayan kepada masyarakat ditingkatkan yang pada gilirannya masyarakat akan merasakan peran dan kehadiran Peradilan Agama di tengah-tengah masyarakat. Demikian di sela-sela mengakhiri sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan acara pokok yaitu materi Permasalah Tentang Ekonomi Syariah yang disampaikan YM Hakim Agung Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum. Diantaranya tentang kajian mengenai putusan ada yang mengkategorikan wanprestasi dengan perbuatan melawan hukum, padahal perbuatan melawan hukum berbeda dengan wansprestasi. Kalau perbuatan melawan hukum timbul dari suatu perbuatan dengan mengacu ke Pasal 1365 sampai dengan pasal 1380 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Pengertian wansprestasi timbul dari suatu perjanjian yang cantolan dasar hukumnya Pasal 1239 sampai dengan Pasal 1252 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Pembinaan dengan materi permasalahan ekonomi syariah ini banyak menarik perhatian para pimpinan pengadilan, mengingat banyak kasus yang ditangani berkaitan sengketa ekonomi syariah terutama eksekusi hak tanggungan dan lainnya.

Para Peserta zoom meeting sangat antusias dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan sekaligus pendapat para Hakim dan dengan cepatnya YM Yasardin menjawabnya dengan cepat dan lengkap dengan mengingatkan terapkan hukum acara sesuai aturan jangan menyimpang dari aturan apalagi berkreasi sendiri ini tidak boleh. Sedangkan penerapan hukum materil bisa saja memberikan interprestasi berbeda. Imbuh Yasardin.

Sementara itu setelah selesai YM Yasardin menyampaikan materi, Aco Nur menutup acara dengan mengingatkn kepada seluruh Aparatur Peradilan Agama harus betul-betul bekerja secara profesional dan terapkan apa yang menjadi regulasi-regulasi Mahkamah Agung dan Badilag.

Sementara itu, selesai acara Pembinaan dari Badilag, PTA Kalimantan Timur mengadakan pembinaan dan pengawasan rutin yang merupakan implementasi dari regulasi-regulasi Mahkamah Agung dengan penguatan pengawasan dengan cara pembinaan segaligus monev atas kinerja Pengadilan Agama yang ada di wilayah PTA Kalimantan Timur.

Drs. H. Sukiman BP, S.H., M.H. Ketua PTA Kalimantan Timur menyampaikan dalam pembinaannya, apa yang menjadi kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung dan Badilag harus dapat diimplementasikan dengan baik terutama inovasi-inovasi Badilag untuk mendukung pelayanan prima. Hal ini bertujuan agar masyarakat mendapat pelayanan yang baik sehingga masyarakat puas dan percaya lembaga kita.

Pembinaan dilaksanakan secara interaktif yangmana para Ketua Pengadilan Agama menyampaikan perkembangan-perkembangan kinerjanya yang diapresiasi positif oleh Ketua PTA.

Layani masyarakat dengan baik, walau dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan dan tidak boleh terhambat. Demikian Sukiman mengakhiri pembinaannya.

Acara pembinaan melalui zoom meeting ditutup dengan hamdalah dengan yel-yel PTA Kaltim Hebat dan Pasti Bisa.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48