Pembinaan Teknis Yustisial Oleh Hakim Agung Secara Online [08/05/2020]

banner ptaa

 

Written by Super User on . Hits: 129

PEMBINAAN TEKNIS YUSTISIAL OLEH HAKIM AGUNG SECARA ONLINE

Samarinda | 08/05/2020

            Pelaksaan Pembinaan Teknis Yustisial melalui aplikasi Zoom (online) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama hari ini Jumat tepat jam 10.00 WITA tanggal 8 Mei 2020 berjalan lancar. Pembinaan Teknis Yustsial berjudul “Permasalahan Sita dan Eksekusi“ dengan peserta audiensi Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia dan Para Ketua Kls lA yang ada di ibukota provinsi dengan narasumber Yang Mulia Hakim Agung Republik Indonesia Dr. H. Purwosusilo, S.H. M.H.

            Dalam Acara Pembinanaan Teknis Yustisial melalui live streaming tersebut, Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur ikut ambil bagian sebagai peserta dengan dihadiri Plh. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur Bapak Drs. H. Sudarmadi, S.H. M.H., Para Hakim Tinggi, Panitera dan Para Pejabat Kepaniteran yang secara seksama mengikuti pembinaan tersebut dengan serius.

            Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dalam kata sambutannya menyampaikan meskipun di tengah kondisi Pandemi Covid-19 Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama masih tetap berjalan dan menjalankan program–programnya sesuai rencana, diharapkan program–program Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama direspon oleh seluruh Peradilan Agama Tingkat Banding dan Tingkat Pertama meskipun masa pandemi Covid-19. Demikian pula evaluasi pelayanan jangan terhambat dan gunakan mekanisme pelayanan sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik.

            Sementara itu Narasumber Yang Mulia Hakim Agung H. Purwosusilo menyampaikan beberapa materi permasalahan Sita dan Eksekusi, diantaranya ditemukannya pada berkas perkara yang diajukan kasasi ke Mahkamah Agung sebagai berikut :

  1. Terdapat putusan yang rancu antara Putusan Sela dan Putusan Akhir;
  2. Putusan yang terdapat eksespsi dengan pertimbangan yang tidak jelas;
  3. Ada gugatan yang ditolak tanpa Pembuktian;
  4. Ada pengakuan berklausul Tergugat dalam putusan tetapi tidak teliti pengakuan Tergugat dianggap mengakui secara utuh dan menyeluruh padahal pengakuan berklausul tersebut termasuk klasifikasi menolak gugatan, maka beban pembuktian seharusnya kepada Penggugat terlebih dahulu, akan tetapi dalam putusan tersebut beban bukti kepada Tergugat.

Permasalahan tersebut secara jelas dan terpericsi dibahas satu-persatu oleh Yang Mulia Hakim Agung dimana para peserta menyimak dengan serius apa yang disampaikan oleh Yang Mulia.

Sementara itu selesai acara live streaming, H. Sudarmadi Pelaksana Harian PTA Kalimantan Timur mengucapkan terima kasih kepada Para Hakim Tinggi PTA Kalimantan Timur dan Ketua Pengadilan Agama Kls IA di wilayah PTA Kalimantan Timur yang telah mengikuti pembinanan secara online semoga bermanfaat dan menambah pengayaan pengetahuan khususnya bidang Sita dan Eksekusi dan kedepannya PTA Kalimantan Timur akan meneruskan program Badilag dengan mengadakan pembinaan terutama Teknis Yudisial baik langsung maupun online kepada Seluruh Pengadilan Agama di wilayah PTA Kalimantan Timur dengan Narasumber Pimpinan PTA dan Para Hakim Tinggi.

Selesai mengikuti acara pembinaan secara online Para Peserta mengahirinya dengan ucapan Hamdalah.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor