Pembinaan Hukum Acara Secara Daring Selesai, PA Harus Bekerja Keras dalam Memberikan Layanan Berkualitas Bagi Masyarakat [24/01/2023]

banner ptaa

 

Ditulis oleh superadmin on . Dilihat: 39

PEMBINAAN HUKUM ACARA SECARA DARING SELESAI,

PA HARUS BEKERJA KERAS DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BERKUALITAS BAGI MASYARAKAT

 

PTASAMARINDA – Usai sudah seluruh rangkaian kegiatan pembinaan hukum acara peradilan agama yang dilakukan oleh Hatibinwasda PTA Samarinda terhadap PA Se-wilayah hukumnya. Hal itu ditandai dengan pembinaan kloter ketiga yang berakhir pada Jumat lalu (20/1).

Pembinaan Hatibinwasda kloter terakhir, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran PTA Samarinda Nomor W17-A/2450/PP.00/12/2022 dilakukan oleh Dr. Haeruddin, M.H didampingi Hj. Siti Asmah, S.Ag pada PA Penajam (18/1), Dra. Neneng Susilawati, M.H. didampingi Muhammad Yusuf, S.H. (19/1) pada PA Samarinda, dan Drs. Kholis, M.H. didampingi Bahrudin, A.Md., S.H., M.H. pada PA Tanjung Redeb (20/1).

Lebih lanjut pada sesi terakhir pembinaan, salah seorang Hatibinwasda PTA Samarinda YM Drs. Kholis, M.H. menyampaikan bahwa temuan-temuan berkas perkara banding dapat dijadikan pedoman untuk memperbaiki kinerja aparat pengadilan terutama bagi Hakim, Panitera/Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti di masa yang akan datang.

Tidak hanya itu, kajian tentang e-eksaminasi berkas harus selaras dengan Simtalak Badilag dalam menyelesaikan perkara, sehingga berkas perkara selain berkualitas tetapi juga sesuai dengan urutan-urutan kronologisnya.

“Hatibinwasda menekankan agar aparatur pengadilan bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar penyelesaian perkara dapat selesai tepat waktu dan tetap mengedepankan layanan yang prima kepada masyarakat. Terutama kepada Panitera, diminta agar pelaksanaan eksekusi lebih diperhatikan lagi, baik dari segi pelaksanaan maupun pelaporannya” sambungnya.

Pada kesempatan yang berbeda, YM Dr. Haeruddin, M.H. juga mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini hendaknya dapat berlangsung secara rutin, baik triwulan ataupun per semester supaya terdapat satu kesatuan pendapat tentang suatu persoalan dalam wilayah hukum PTA Samarinda. “Saat ini kegiatan masih dilaksanakan secara daring, selanjutnya akan dilakukan secara luring, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan tersebut segala bentuk persoalan-persoalan dapat terselesaikan dengan baik” tandasnya.

Tak lupa ia juga berharap bahwa pembinaan ini bisa dijadikan pedoman bagi seluruh aparat pengadilan.“Harapannya apa yang disampaikan oleh seluruh Hakim Tinggi pada pembinaan dapat dijadikan pedoman khususnya dalam penyelesaian perkara” ujarnya.

Sebagaimana jadwal yang dirilis oleh Wakil Ketua PTA Samarinda selaku Koordinator Pembinaan dan Pengawasan, materi pembinaan secara daring selanjutnya adalah Pembangunan Zona Integritas yang dimulai tanggal 1 hingga 17 Februari 2023. (dmy)

Foto Pembinaan 1

Foto : Pembinaaan Teknis Daring PA Penajam (18/1)

 

Foto Pembinaan 2

Foto : Pembinaaan Teknis Daring PA Samarinda (19/1)

 

Foto Pembinaan 3

Foto : Pembinaaan Teknis Daring PA Tanjung Redeb (20/1)

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48