Bimtek Kesekertariatan dan Kepaniteraan pada Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum PTA Samarinda [31/05/2022]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 64

BIMTEK KESEKRETARIATAN DAN KEPANITERAAN PADA PENGADILAN TINGGI AGAMA DAN PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH HUKUM PTA SAMARINDA

Samarinda | 31 Mei 2022

Berdasarkan amanah Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN, diwajibkan bagi seluruh ASN untuk melakukan pengembangan kompetensi diri. Untuk memenuhi kewajiban tersebut, PTA Samarinda mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, yang dimulai sejak tangal 29 Mei 2022 sampai dengan 31 Mei 2022. Bimbingan Teknis ini diikuti oleh perwakilan ASN PTA Samarinda juga perwakilan dari seluruh Pengadilan Agama (PA) di wilayah hukum PTA Samarinda. Perwakilan PTA Samarinda untuk bidang Kepaniteraan terdiri dari Hakim Tinggi, Panitera Muda dan Panitera Pengganti, sedangkan perwakilan PA terdiri dari Ketua, Panitera dan pejabat maupun staf di Kepaniteraan. Kemudian, pewakilan PTA Samarinda untuk bidang Kesekretariatan terdiri dari Sekretaris, Kepala Bagian, Sub Kepala Bagian dan Pranata Komputer, serta perwakilan PA yang terdiri dari Sekretaris dan pejabat maupun staf Kesekretariatan lainnya. Selain itu, Bimtek Kesekretariatan ini juga mengundang Pranata Komputer dari Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Timur dan Pranata Komputer dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur.

1 31052022 Bimtek

Pembukaan Bimtek Kepaniteraan dan Kesekretariatan

Kegiatan Bimtek kali ini, baik Bimtek Kepaniteraan maupun Bimtek Kesekretariatan, mengangkat tema yang menarik dan sangat urgensi pada saat ini. Bimtek Kepaniteraan mengusung tema “Penyelesaian Administrasi Perkara Secara Elektronik”, sedangkan Bimtek Kesekretariatan mengambil tema Pengembangan Kompetensi Kehumasan dan Pengelolaan Media Digital”.

Urgensi dari tema yang diangkat ini, dijabarkan oleh Ketua PTA Samarinda, Bapak Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H. dalam sambutannya pada pembukaan Bimtek. Urgensi tema yang pertama dibahas oleh Bapak Ketua adalah pengembangan kompetensi kehumasan dan pengelolaan media digital pada Bimtek Kesekretariatan. Beliau mengatakan, dahulu orang mengenal teori kenegaraan yang terdiri dari Trias Politica, dimana terdapat 3 (tiga) kekuatan, yaitu kekuatan Legislatif, Yudikatif dan Eksekutif. Tetapi seiring perkembangan zaman, para ahli menambahkan ada kekuatan lain yang tak kalah hebatnya, yaitu kekuatan media. Sebab, kekuatan media di era saat ini, jika tidak berhati-hati, banyak institusi yang tercemar, juga tidak jarang banyak pribadi yang terjatuh akibat media. Selain itu, media digital saat ini sudah layaknya sebuah pelataran suatu institusi. Ketika pelataran itu bagus, sekalipun ada kekurangan didalamnya, masyarakat tetap melihat itu adalah sesuatu yang bagus. Begitupun sebaliknya, ketika di luar tampak tidak bagus, masyarakat juga akan melihat tidak baik. Selanjutnya adalah gambaran kehumasan yang didalamnya melekat keprotokoleran. Di sana terdapat etika-etika yang tidak boleh dilanggar, salah satunya adalah alasan mengapa seorang Ketua tidak boleh memberikan keterangan kepada masyarakat secara langsung jika berhadapan dengan media. Hal ini disebakan, jika humas tidak sengaja “keseleo” memberikan keterangan, masih ada jenjang atasnya dalam hal ini pimpinan yang dapat meluruskan kekeliruan tersebut.

2 31052022 Bimtek

Penyampaian Materi oleh Narasumber Bimtek Kepaniteraan

Selanjutnya, Bapak Ketua juga menjabarkan alasan Bimtek Kepaniteraan mengambil tema penyelesaian perkara secara elektronik. Seperti yang telah diketahui, Mahkamah Agung (MA) saat ini sedang berada di etape akselerasi perwujudan peradilan yang modern yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung pelayanan perkara kepada masyarakat. Banyak lembaga-lembaga pemerhati peradilan memberikan cukup banyak apresiasi terhadap perubahan-perubahan yang telah dilakukan MA, termasuk proses digitalisasi di berbagai lini, termasuk di dalam aspek penyelesaian perkara. Terlebih Direktur Badan Peradilan Agama (Badilag) yang sangat perhatian terhadap kemajuan akselerasi digitalisasi di Peradilan Agama. Bapak Ketua berharap, seluruh ASN di lingkungan PTA Samarinda dapat mengimplementasikan hal tersebut, untuk membawa institusi Peradilan Agama sebagai Peradilan yang berkelas dunia, serta tidak terjadi kegagapan karena sudah siap menangkap perkembangan teknologi tersebut. Hal ini diharapkan agar masyarakat dapat lebih percaya kepada lembaga peradilan.

Kemudian, Ketua PTA Samarinda juga menyinggung alasan mengapa dalam Bimtek Kepaniteraan Hakim Tinggi diikutsertakan. Penyebabnya adalah, jika hanya Hakim di tingkat pertama yang diikutkan Bimtek, khawatir Hakim Tinggi Pengawas kalah maju. Bapak Ketua menyebut, kiranya tidak lucu jika nantinya yang diawasi lebih pintar daripada yang mengawasi, dalam pengertian yang diawasi telah lebih dulu mendapatkan pengetahuannya.

Selain tema Bimtek yang diusung adalah tema yang urgensi saat ini, tentunya para narasumber yang dihadirkan juga adalah orang-orang yang memang ahli di bidangnya. Untuk Bimtek Kepaniteraan yang membahas mengenai administrasi e-keuangan, e-register dan e-pelaporan, menghadirkan Bapak Sutarno, S.IP., M.M. dari Badilag MA RI. Sedangakan Bimtek Kesekretariatan yang hadir dengan lebih banyak subtema, pertama mengundang Kabag Protokol Biro Humas Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Ibu Hj. Syarifah Alawiyah, S.Sos., M.M. Narasumber selanjutnya adalah Bapak Marta Satria Putra, S.H., M.H., Hakim Yustisial Biro Humas MA, dan Bapak Yurez Abdul Muchyi, S.T., M.T. yang juga dari Biro Humas MA RI. Dan narasumber yang terakhir adalah Bapak Duito Susanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi Kaltim Post.

Akhirnya, pergelaran Bimtek Kepaniteraan dan Kesekretarian ini ditutup pada Selasa, 31 Mei 2022 siang. Penutupan ini ditandai dengan pelepasan kartu tanda peserta kepada perwakilan peserta oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, H. Helminizami, S.H., M.H. Selain itu, diserahkan pula piagam penghargaan kepada Pengadilan Agama Penajam dan Pengadilan Agama Sendawar yang berhasil meraih peringkat I Nilai Rata-Rata Rapor SIPP Kategori V periode Januari sampai dengan Maret 2022. Kemudian, mengakhiri rangkaian acara, dilakukan sesi foto bersama dengan seluruh peserta dan juga panitia yang terlibat dalam pelaksanaan Bimtek ini. Alhamdulillah Bimtek Kepaniteraan maupun Kesekretariatan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan, yang diiringi ucapan terima kasih oleh para peserta kepada panitia yang telah menyelenggarkan Bimtek ini.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48