Sosialisasi Program Prioritas PTA Samarina Tahun 2022[07/01/2022]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 31

SOSIALISASI PROGRAM PRIORITAS PTA SAMARINDA TAHUN 2022

Samarinda | 7 Januari 2022

Pada hari Jumat tanggal 7 Januari 2022  di ruang Command Center Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) Samarinda, Drs. H. M. Manshur, S.H., M.H. memimpin secara langsung kegiatan Evaluasi Kinerja Tahun 2021 dan Sosialisasi Program Prioritas PTA Samarinda Tahun 2022. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, para Hakim Tinggi, Panitera, Para Panitera Muda, Panitera Pengganti serta para Kasubag, sementara Bapak Sekretaris sedang mengikuti kegiatan persiapan pendirian PTA Kaltara. Para Pimpinan Pengadilan Agama se-wilayah Kaltimtara juga mengikuti kegiatan ini secara virtual. 

1 07012021 Evaluasi Kinerjai

Bapak KPTA menegaskan kembali apa yang telah diinstruksikan oleh Badilag agar benar-benar segera ditindaklanjuti, kinerja PTA dalam percepatan penyelesaian  perkara adalah sangat besar pengaruhnya terhadap penilaian kinerja PTA secara keseluruhan. Ketidakcermatan peradilan tingkat pertama mengharuskan Majelis Tingkat Banding terpaksa harus membuat putusan sela agar Peradilan tingkat Pertama melakukan pemeriksaan ulang, hal ini membuat penyelesaian perkara di Tingkat Banding terkendala. Oleh karena itu Bapak KPTA mengingatkan Kembali agar peradilan tingkat pertama benar-benar memperhatikan hal ini.

Selanjutnya Bapak KPTA mengevaluasi :

  1. Nilai SIPP Pengadilan Agama se-wilayah Kaltimtara dan berharap agar  ke depan semua bisa memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya.
  2. Program SIADPADU, Kerjasama dengan Dukcapil, tinggal 3 Pengadilan Agama yang belum melaksanakan, yaitu Pengadilan Agama Tenggarong yang dilaporkan on progress, Pengadilan Agama Tarakan tidak melakukan kerjasama karena telah ada  MPP (Mall Pelayanan Publik), dan PA Sendawar yang masih mengalami kendala dan terus berusaha melakukan komunikasi dengan pihak Dukcapil.
  3. Jumlah perkara E-Court / E- Litigasi  serta jumlah keberhasilan Mediasi, PA Samarinda menduduki peringkat Pertama. KPTA mengingatkan standar ruang mediasi yang ditetapkan Badilag agar meniru PA Pariaman, dan Dirjen Badilag akan melakukan sidak untuk memastikan bahwa semua Pengadilan Agama telah menerapkan standar yang ditetapkan.
  4. Eksekusi, cara penulisan laporan eksekusi masih terdapat kesalahan untuk itu ke depan diharapkan dilakukan perbaikan dan pelaksanaan eksekusi dapat dilaksanakan tepat waktu, karena terkait dengan kepastian dan kemanfaatan putusan pengadilan.
  5. Pemberkasan Kasasi yang akan datang diusahakan jangan sampai ada yang kurang, karena nanti akan ada sangsi bagi peradilan yang pemberkasan kasasinya kurang lengkap.
  6. Pemutaran audio dan pemasangan banner di ruang mediasi  harus dilaporkan melalui Kinsatker, paling lambat tanggal 18 Pebruari 2022.

Berikutnya disampaikan Program Prioritas PTA Samarinda tahun 2022, meliputi:

program prioritas

Pada sesi berikutnya, diberi kesempatan kepada Pengadilan Agama se-wilayah Kaltimtara untuk menyampaikan pertanyaan, dan semua pertanyaan dijawab oleh Bapak KPTA dan Panitera, serta diinfokan pula mengenai rencana kegiatan PTWP PTA-Cup di akhir sesi tersebut. 

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48