Pembinaan Mental dengan Tema: Konsisten [27/12/2021]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 48

PEMBINAAN MENTAL DENGAN TEMA: KONSISTEN

Samarinda | 27 Desember 2021

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda senantiasa menjaga konsistensi untuk selalu melaksanakan Apel pagi dan pembinaan mental pada setiap hari Senin. Pembina Apel yang sekaligus sebagai Penceramah Pembinaan mental kali ini adalah (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Bapak Drs. Akhmad Abdul Hadi, S.H., M.H. Adapun pembinaan mental kali ini dengan tema: Konsisten = Istiqomah. Selanjutnya penceramah menyampaikan sebenarnya dalam sehari minimal 17 kali kita memohon kepada Allah agar selalu istiqomah, yakni saat membaca Surat Al-fatihah dalam sholat 5 waktu kita selalu membaca:

اهدنا الصراط المستقيم

Perintah untuk istiqomah banyak sekali disebutkan dalam A-Qur’an, antara lain:

Dalam Surat Hud ayat 112:

فا ستقم كما امرت و من تاب معك و لا تطغوا انه بما تعملون بصير

Artinya :

Maka tetaplah (di jalan yang benar), sebagaimana engkau (Nabi Muhammad) telah diperintahkan. Begitu pula orang bertaubat bersamamu. Janganlah kamu melampaui batas! Sesungguhnya Dia Maha melihat apa yang kamu kerjakan.

Konsistensi itu harus disertai dengan niat, niat itu bisa ikhlas bisa juga menjadi riya’.

Menurut Para Ulama, Ihlas itu terbagi dalam tiga tingkatan:

  1. IKHLAS yang hanya semata-mata karena Allah, tidak ada tendensi apapun, bahkan bukan karena ingin masuk surga atau takut neraka sekalipun, ini adalah tingkatan IKHLAS yang paling tinggi.
  2. IKHLAS bekerja karena Allah disertai krn takut neraka dan menginginkan surga.
  3. IKHLAS, bekerja karena Allah tapi disertai untuk kepentingan dunia.

Riya’, yakni bekerja dengan niat ingin dilihat dan dipuji oleh manusia, maka amal akan sia-sia Allah telah mengingatkan hal ini dalam Surat Al-Kahfi ayat 103 – 104:

قل هل ننبئكم بالا خسرين اعمالا الذين ضل سعيهم في الحياة الدنيا وهم يحسبون انهم يحسبون انهم يحسنون صنعا

Artinya:

Katakanlah (Nabi Muhammad) apakah perlu kami beritahukan orang-orangmyang paling rugi perbuatannya kepadamu. Yaitu orang-orang yang sia-sia usahanya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.

Selanjurnya penceramah mengingatkan bahwa untuk menjaga konsistensi maka kuncinya ada dua yaitu kuatkan niat dan bekerja bersungguh-sungguh secara proporsional (sesuai jam kerja, jam istirahat, jam sholat dll.

0 27122021 Kegiatan Hari ini

Acara dilanjutkan dengan arahan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda mengenai hal-hal berikut:

  • Hari ini ada sosialisasi dari BSI jam 09.00 dan jam 10.00 ada sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS dan PERMENPAN Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Managemen Kinerja PNS dari Badilag.
  • Sebagai salah satu wujud konsistensi terhadap predikat WBBM yang telah kita raih, maka semua aplikasi harus terus dikembangkan, AWAS BANG kalau bisa dikembangkan paling lambat bulan Februari 2022 sudah di-launching dan Penelusuran perkara di tingkat banding juga harus dikembangkan.
  • Untuk acara Family Gathering diharapkan akan dilaksanakan pada hari Sabtu atau Minggu dan Bapak Sekretaris ditugaskan untuk mengatur sekenario acaranya.
  • Untuk acara PTA-Cup pada bulan Januari dan Purnabhakti pada akhir Februari segera dimatangkan persiapannya.

Pada tempat yang sama, acara dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai pemindahan gaji ke BSI oleh Kepala BSI (Bank Syariah Indonesia) Cabang Kantor Samarinda Bhayangkara beserta Tim. Acara berlangsung seru karena 5 penanya pertama mandapat hadiah, demikian pula 5 pembuka rekening BSI yang pertama juga mendapat saldo awal sejumlah Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah).

3 27122021 Kegiatan Hari ini

Setelah sosialisasi dari BSI selesai, peserta langsung mengikuti sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS dan PERMENPAN Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Managemen Kinerja PNS yang diselenggarakan oleh BADILAG via Zoom Meeting.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48