Pembinaan Mental: Mensyukuri Nikmat Allah [22/11/2021]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 21

PEMBINAAN MENTAL: MENSYUKURI NIKMAT ALLAH

Samarinda | 22 Nopember 2021

Mengawali kegiatan di minggu ini, Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda memulainya dengan apel pagi dan pembinaan mental. Seusai apel pagi, dilanjutkan dengan pembinaan mental yang dilaksanakan di ruang Command Center lantai 2 (dua) gedung utama PTA Samarinda. Pembinaan mental hari ini dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Samarinda, Dr. Drs. Hamdani S., S.H., M.H.I., menggantikan Bapak Ketua yang sedang menjalankan Dinas Luar. Sedangkan pemateri pembinaan mental hari ini, yaitu Hakim Tinggi Bapak Drs. H. Toha Mansyur, S.H., M.H. Dalam kesempatan ini, Bapak H. Toha mengangkat tema “Mensyukuri Nikmat Allah”.

1 22112021 Bintal 

Materi pembinaan mental yang disampaikan oleh Bapak H. Toha diawali dengan 2 (dua) buah pantun, yaitu:

Burung elang terbang di angkasa
Sarapan pagi menunya sate Madura
Orang hidup pasti mengalami suka duka
Maka berjuanglah tanpa putus asa

KPTA Samarinda namanya Pak Manshur
Ada anak buah namanya Toha Mansyur
Siang malam kita kerja lembur
Giliran mendapat predikat WBBM kita wajib bersyukur

Pemateri menyampaikan, bahagia yang kita dapatkan bukan hal yang membuat kita bersyukur, namun rasa syukurlah yang membuat hidup kita menjadi bahagia. Beliau menyampaikan pula, terdapat beberapa tanda dari orang yang hidupnya bahagia, yaitu:

  1. Mengingat dosa di masa lalu, kemudian menyesalinya serta beristighfar atas dosa-dosa tersebut.
  2. Amal shaleh dan kebaikan jangan diingat-ingat, jangan diceritakan, anggap tidak pernah terjadi agar kita tidak menjadi orang yang riya.
  3. Dalam urusan ibadah, amal shaleh dan prestasi, lihatlah ke atas. Lihatlah orang yang lebih baik ibadah dan amalya daripada kita agar kita termotivasi untuk bisa menjadi seperti mereka.
  4. Dalam urusan dunia, lihatlah ke bawah, kepada orang yang tidak seberuntung kita agar kita bersyukur.

Implementasi dari mensyukuri nikmat Allah adalah seperti pada poin 4 yang telah disebutkan. Dengan melihat ke bawah, kita akan menjadi sangat bersyukur atas karunia dan nikmat yang telah Allah berikan. Karena banyak sekali orang di luar sana yang keadaannya tidak seberuntung kita sekarang.

Mengakhiri materi yang disampaikan, Bapak H. Toha mengajak agar dalam urusan dunia, baiknya kita melihat ke bawah agar menjadi lebih bersyukur. Jika dalam urusan ibadah dan prestasi maka lihatlah ke atas, kepada orang-orang yang ibadah dan prestasinya bagus, agar kita termotivasi menjadi lebih baik.

2 22112021 Bintal 

Selanjutnya, setelah pembinaan mental, Bapak Wakil Ketua PTA Samarinda memberikan arahan dan tanggapannya terkait materi pembinaan mental. Beliau sangat sependapat dengan materi pembinaan mental yang disampaikan. Beliau menekankan bahwa bersyukur merupakan kewajiban kita, seberapa pun nikmat yang kita miliki patut disyukuri. Gunakan panca indera dan anggota tubuh kita untuk hal yang baik-baik, karena itu merupakan wujud syukur kita atas nikmat yang Allah berikan. Kemudian, dalam kesempatan ini pula Bapak Wakil Ketua menyampaikan mengenai presentasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang telah dilalui oleh PTA Samarinda hari Jum’at, 19 Nopember 2021 lalu. Beliau sangat mengapresiasi seluruh kerja tim pembangunan ZI PTA Samarinda dan mengajak seluruh aparatur PTA Samarinda untuk konsisten menjaga sistem yang sudah dibangun. Diakhir arahannya, Bapak Wakil Ketua juga mengajak agar seluruh aparatur PTA Samarinda mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi observasi Akreditasi Penjamin Mutu (APM) oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag).

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48