Kunjungan Studi Banding Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dan Dialog Mahkamah Agung RI Secara Daring [05/10/2021]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 35

KUNJUNGAN STUDI BANDING KANWIL KEMENAG PROVINSI KALTIM DAN DIALOG MAHKAMAH AGUNG RI SECARA DARING

Samarinda | 05 Oktober 2021

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Samarinda hari ini kedatangan tamu yang sangat istimewa. Rombongan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) datang berkunjung ke PTA Samarinda. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan studi banding terkait predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang telah diraih oleh PTA Samarinda. Bukan tanpa alasan Kanwil Kemenag RI Provinsi Kaltim memilih PTA Samarinda sebagai tempat studi banding mereka. Hal ini dikarenakan PTA Samarinda yang terus konsisten mempertahankan predikat WBK tersebut, dan saat ini telah diusulkannya PTA Samarinda ke Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) oleh TPI Mahkamah Agung untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2021.

Kunjungan rombongan Kanwil Kemenag RI Provinsi Kaltim disambut hangat oleh Ketua PTA Samarinda, Bapak Drs. H. M. Manshur, S.H., M.H., yang didampingi oleh Panitera dan Sekretaris PTA Samarinda, Bapak Drs. Kurthubi, M.H. dan Bapak H. Saifuddin, S.H., M.H. Selanjutnya, rombongan Kanwil Kemenag RI Provinsi Kaltim diarahkan ke PTSP untuk mengisi buku tamu. Di sana mereka dilayani oleh Petugas PTSP PTA Samarinda yang selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu yang datang.

1 05102021 Studi Banding dan Dialog MA

Setelah berbincang sejenak, rombongan Kanwil Kemenag RI Provinsi Kaltim diarahkan untuk memasuki ruangan Command Center PTA Samarinda yang berada di lantai 2 gedung. Di sana telah siap Tim Pembangunan Zona Integritas PTA Samarinda, yaitu Bapak Ahmad Supiansyah, S.H.I dan Ibu Dessy Mustika, S.H. untuk membagikan pengalaman saat berjuang untuk meraih predikat WBK tahun 2019 lalu, dan persiapan yang dilakukan PTA Samarinda untuk meraih predikat WBBM tahun 2021 ini. Rombongan Kanwil Kemenag RI Provinsi Kaltim tampak serius dan antusias mendengarkan penjelasan tentang kiat-kiat memperoleh predikat WBK yang diawali oleh Ketua PTA Samarinda dan dilanjutkan oleh Bapak Supiansyah dan Ibu Dessy.

Setelah cukup mendengarkan penjelasan terkait kiat-kiat PTA Samarinda dalam meraih WBK, kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama di depan gedung PTA Samarinda.

Selain menerima kunjungan dari rombongan Kanwil Kemenag RI Provinsi Kaltim, PTA Samarinda mengikuti kegiatan Dialog Bersama yang diadakan oleh Kamar Agama Mahkamah Agung RI dan Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI bekerjasama dengan Australia-Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2). Dialog ini bertemakan “Dialog Ditjen Badilag MA-RI dan Family Court of Australia (FCOA) Perlindungan Hak dan Akses Keadilan Bagi Perempuan dan Anak”. Kegiatan ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, seluruh Hakim Tinggi dan Kepaniteraan PTA Samarinda di ruang Aula.

2 05102021 Studi Banding dan Dialog MA

Dalam Dialog ini, dihadirkan 3 orang pembicara, yaitu Direktur Jenderan Badilag Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., Family Court of Australia The Honorable Justice Judy Ryan, dan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. Bertindak moderator adalah Asisten Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. Mardi Candra, S.Ag., M.Ag., M.H. serta Welcome Remarks oleh Team Leader AIPJ2, Bapak Craig Ewers.

Dialog ini berlangsung sangat menarik, terlebih saat sesi tanya jawab dilakukan. Usai prosesi tanya jawab oleh peserta dan pembicara, kegiatan ini ditutup dengan kesimpulan-kesimpulan yang disampaikan oleh moderator. Moderator berjanji akan membagikan materi dan kesimpulan yang didapatkan dalam kegiatan dialog ini.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48