Webinar: Meningkatkan Akses dan Layanan Keadilan Bagi Perempuan dan Penyandang Disabilitas [29/09/2021]

banner ptaa

 

Written by Admin Kesekretariatan 1 on . Hits: 38

WEBINAR: MENINGKATKAN AKSES DAN LAYANAN KEADILAN BAGI PEREMPUAN DAN PENYANDANG DISABILITAS

Samarinda | 29 September 2021

Pada hari Rabu, tanggal 29 September 2021 jam 09.30 – 13.30. WITA di Aula Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Panitera Pengganti mengikuti Webinar Nasional yang dilaksanakan oleh Dirjend Badilag dengan tema Meningkatkan Akses dan Layanan Keadilan Bagi Perempuan dan Penyandang Disabilitas.

Acara ini diawali dengan welcome remarks oleh Graic Ewers, Team Leader AIPJ2, kemudian dibuka secara langsung oleh Direktur Jendral Badan Peradilan Agama MA-RI, Dr. Drs. Aco Nur , S.H., M.H. yang dilanjutkan dengan Pidato Kunci yang menguraikan mengenai 8 Program Prioritas Ditjen Badilag yaitu :

  1. Akredititas Penjaminan Mutu Peradilan Agama;
  2. Managemen dan Kualitas SDM;
  3. Optimalisasi SIPP;
  4. Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas;
  5. Pemanfaatan TI dan Keterbukaan Informasi;
  6. Akses terhadap keadilan;
  7. Peningkatan layanan public dan
  8. Perwujudan Court Excellence.

1 29092021 Web Binar Badilag

Webinar kali ini dipimpin oleh M.Natsir Asnawi selaku moderator dengan beberapa Narasumber :

  1. Dr. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. (Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag MA-RI) menyampaikan materi tentang Peradilan Elektronik, Gugatan Mandiri dan Posbakum. Dalam kesempatan ini, Ibu Direktur, beliau juga menyampaikan kabar gembira bahwa pada tahun 2022 seluruh peradilan akan memiliki anggaran Posbakum; Setelah penyampaian materi dari Ibu direktur, ditampilkan tutorial aplikasi gugatan mandiri setelah dilakukan penambahan item yang terkait dengan hak-hak perempuan dan anak pasca perceraian;
  2. Dr. H. Suhartono, S.Ag., S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Malang) dengan tema: Meningkatkan Akses dan Layanan Keadilan bagi Perempuan dan Penyandang Disabilitas. Narasumber menyampaikan terobosan-terobosan PA Kabupaten Malang dalam memberikan layanan kepada penyandang disabilitas;
  3. Mahfud, S. Kom, M.Eng (Manager Unit Sistem Informasi dan Pengolah Data TNP2K). Narasumber mengapresiasi Badilag yang telah memiliki aplikasi untuk akses data terpadu TNP2K untuk peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat miskin;
  4. Cate Summer (Penasihat senior AIPJ-2).

 2 29092021 Web Binar Badilag

Sebagai penanggap :

  1. Nurul Saadah Andriyani (Direktur SAPDA): SAPDA mendampingi beberapa Pengadilan Agama agar Perempuan dan penyandang Disabilitas mendapat pendampingan yang access able. Usulan perlu perekaman data melalui proses Assessment penyandang disabilitas agar disiapkan sarana dan prasarananya secara maksimal.
  2. Fitriyah Villa Sahara (Co-Direktur Yayasan PEKKA): Penanggap merasakan betul komitmen dan peningkatan layanan di Peradilan Agama seluruh Indonesia terhusus untuk kaum perempuan, kaum miskin dan disabilitas. Catatan: bagaimana agar seluruh informasi terkait inovasi -inovasi Badilag ini diketahui oleh masyarakat umum, karena hingga saat ini masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut.
  3. Denny K Yusuf: Aplikasi e-court sangat membantu para pihak dan para juga legal dalam memberikan konsultasi dan bantuan hukum. Problemanya bagaimana memastikan masyarakat di daerah terpencil dan berkebutuan khusus untuk mendapatkan layanan e-courtModerator menyampaikan pada prinsipnya semua penanggap memberikan apresiasi atas berbagai upaya badilag dalam memberikan inovasi peningkatan layanan kepada pencari keadilan dengan berbagai catatan yang diharapkan dapat dicarikan solusinya, selanjutnya moderator mengahiri tugasnya dengan salam perubahan dan salam inovasi untuk kesetaraan dan keadilan.

Closing remark disampaikan oleh Bapak Dirjend Badilag. Beliau menyampaikan tujuan dari Webinar ini adalah peningkatan layanan kepada pencari keadilan, oleh karena itu hasil webinar ini hendaknya menjadi perhatian para pimpinan pengadilan di seluruh Indonesia untuk diterapkan.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Samarinda

Jl. MT. Haryono No. 24 Samarinda

Prov. Kalimantan Timur

Telp: 0541-733337
Fax: 0541-746702

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

icons8 facebook old 48icons8 instagram 48icons8 youtube squared 48icons8 address 48icons8 whatsapp 48icons8 twitter 48